Tips Sehat dan Aman Belanja Online

  • Whatsapp
Foto Muizzu Khaidir/KeKeR FAJAR

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, selama pandemi banyak tren baru yang bermunculan dan terus meningkat mulai dari bercocok tanam, memelihara hewan, termasuk belanja online. Salah satu tren yang sangat diminati saat ini yakni belanja online, meskipun sebagian pusat perbelanjaan masih terbuka namun beberapa diantara kita lebih memilih melakukan belanja online.

Belanja online melalui marketplace memang menjadi salah satu alternatif utama yang digunakan dalam memenuhi kehidupan sehari-hari dikala pandemi virus korona yang terjadi hingga kini. Hal ini dikarenakan belanja online cenderung lebih aman sebab bisa dilakukan dari rumah sehingga seseorang lebih terlindung dari penyebaran virus korona.

Bacaan Lainnya

Salah satu siswi SMA Nasional Makassar Meylinda Juwita mengungkapkan, dirinya lebih memilih melakukan belanja online sebab menghindari kerumunan terlebih penularan virus korona yang cenderung sangat rawan terjadi penularan.

“Menurut saya, belanja online lebih memudahkan para pembeli dan penjual, apalagi dikondisi yang seperti ini yang mengharuskan supaya tetap di rumah dan tetap mematuhi peraturan physical distancing agar menekan penularan virus,” ucap Meylinda.

Komentar lain datang dari siswa SMK Kartika Andrian Bayu Ardiansyah, dirinya mengungkapkan bahwa belanja online lebih murah dan mudah.

“Kalau belanja online itu sangat mudah terus banyak promo yang ditawarkan biasanya makanya banyak yang memilih belanja online,” ungkap Andre

Meskipun demikian, kamu juga harus tetap waspada saat berbelanja online karena harus tetap memperhatikan sejumlah hal supaya tidak terjadi hal-hal di luar kendali dan tetap aman selama masa pandemi. Oleh karena itu simak beberapa tips dari KeKeR agar tatap aman ketika belanja online :

  1. Memilih toko online terpercaya
    Hal penting pertama ketika hendak melakukan belanja online memilih toko online terpercaya. Cara menilainya adalah dengan melihat testimoni, review, dan rating yang dimiliki toko online tersebut. Untuk keamanan dan kepraktisan kamu dapat memilih toko yang tersedia di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia.
  2. Hindari pembayaran tunai
    Selama penetapan kebijakan physical distancing, kamu diminta untuk menjaga kontak dengan orang asing serta menghindari kerumunan. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan metode pembayaran secara nontunai. Biasanya penyedia layanan belanja online atau e-commerce menyediakan layanan pembayaran nontunai seperti melalui layanan transfer melalui mobile banking atau layanan uang elektronik.
  3. Membuka paket di luar rumah
    Hal yang sangat penting dilakukan adalah saat memerima paket kamu usahakan menerima paket di luar rumah, hal ini dilakukan agar kamu tetap terhindar dari penularan virus Covid-19. Namun sebelum membuka paket yang akan kamu terima ada baiknya kamu menyemprot paket tersebut dengan disinfektan, lalu buka dan langsung membuang kemasan paket ke tempat sampah. Terakhir setelah selesai membuka paket belanjaan jangan lupa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik.

Nah Sobat KeKeR, dengan mengikuti tips-tips di atas kamu tidak perlu takut lagi untuk belanja kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi. Selain itu untuk tetap aman pastikan Soker tetap selalu di rumah dan menghindari kerumunan supaya mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19.(*)

Pos terkait