Good Bye Jerawat!

  • Whatsapp
Photo by Muizzu Khaidir

KEKEK.FAJAR.CO.ID – Halo gaiss, siapa nih yang masih sering pusing dengan kondisi kulit wajah yang jerawatan?? Tenang, nih ada tips untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Yups, jerawat tentunya sangat mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Namun, sebenarnya hal ini bisa diatasi. Ada beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah, tapi ada juga loh kondisi wajah yang memang harus konsultasi ke dokter.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan tingkat keparahannya, jerawat ada yang bersifat ringan, ada yang sedang dan ada yang parah loh. Jerawat ringan umumnya berbentuk bintik atau komedo, sedangkan jerawat sedang ditandai dengan benjolan kecil berwarna merah dan terasa lunak yang terkadang disertai nanah. Kondisi ini disebut juga jerawat papula dan pustula.

Sementara itu, jenis jerawat yang tergolong jerawat parah adalah jerawat batu, jerawat kistik, dan akne fulminans.

Jenis jerawat yang masih ringan dan sedang ini yang bisa ditangani di rumah, sedangkan jerawat yang parah sebaiknya ditangani dokter kulit karena berisiko menyebabkan bekas jerawat yang besar.

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Hindari mencuci wajah yang berjerawat lebih dari 2 kali sehari karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan membuat jerawat semakin memburuk.
  2. Basuh dan bersihkan bagian kulit yang berjerawat menggunakan sabun pembersih wajah khusus jerawat dan air hangat.
  3. Hindari memencet jerawat karena bisa menimbulkan bekas jerawat yang bersifat permanen.
  4. Bersihkan wajah atau tubuh yang berjerawat setiap kali habis banyak berkeringat, misalnya setelah berolahraga atau berjemur.
  5. Hindari paparan sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan.
  6. Hindari juga penggunaan make up selama masih berjerawat karena make up dapat menyumbat pori-pori di kulit dan membuat jerawat kembali muncul atau menjadi semakin parah. Jika ingin menggunakan make up, pilihlah produk yang tidak mengandung minyak atau berlabel noncomedogenic.

So gaiss, buat kalian yang masih pusing mikirin jerawat, silahkan lakukan tips di atas. Tapi, untuk yang jerawatnya udah mulai parah, sebaiknya kalian segera konsultasi ke dokter yah. Selamat mencoba!

Pos terkait