Don’t Be Afraid! 5 Trik Hindari Penipuan Olshop

  • Whatsapp
depositphotos.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Sobat KeKeR pasti tahu dong tren belanja secara online semakin marak. Online shop alias olshop pun bertebaran di mana-mana. Mau beli apa saja, tinggal klik di smartphone.

Ternyata, kemudahan tersebut ternyata tak selamanya berdampak positif. Ada juga pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan ini menjadi peluang untuk mengambil untung lewat jalan kriminal.

Bacaan Lainnya

Mereka melakukan penipuan berkedok penjualan online. Meski sudah banyak yang menjadi korban, tetapi pelakunya gak habis-habis.

Gak bisa dipungkiri, bisnis secara online memang menjadi mangsa empuk bagi para penipu. Sebab prosesnya tak terlihat langsung. Nah, ini dia lima trik buat SoKer supaya gak jadi mangsa berikutnya. Cekidot!!!

1.Track Record
Jangan mudah tertarik dengan ratusan ribu followers yang dimiliki akun olshop tersebut. Zaman now, followers dan likers bisa dibeli loh. So, cari tahu track record akun tersebut. Bisa dengan bertanya kepada orang yang sudah pernah bertransaksi, atau searching sama mbah Google.

2.Kualitas
Perhatikan kualitas foto barang. Kemungkinan, foto tersebut diambil dari internet. Minta si penjual memfoto barang aslinya. Jangan sampai, kamu malah dikirimkan dus kosong karena olshop tersebut memang tak menjual barang apapun.

3.Price
Harga murah dan testimoni pelanggan, juga bukan jaminan akun olshop tersebut asli. Jika price yang ditawarkan di bawah pasaran, kamu sebaiknya curiga sejak awal. Bisa jadi, akun tersebut adalah olshop penipu.

4.Cash on Delivery
Gunakan fasilitas Cash on Delivery (COD) atau rekening bersama. Transaksi seperti ini membuat pelanggan merasa aman. Jika memiliki COD, maka penjual dan pembeli bertemu langsung. Jika tak suka, bisa menolak membelinya. Sementara rekening bersama bisa membuat pembeli yakin kalau barang yang dibelinya asli. Asalkan, rekening bersama tersebut terkoneksi dan terpercaya.

5.Bukti Transaksi
Jangan lupa, menyimpan bukti transaksi pembelian. Kalau perlu, minta nomor resi pengiriman barang. Capture percakapan atau chat dengan si penjual. Selain itu kamu harus jadi pembeli yang bijak, waspada, serta jeli. Selamat berbelanja! (*)

Pos terkait