Don’t Be Afraid! 5 Trik Hindari Penipuan Olshop

  • Whatsapp
depositphotos.com

2.KualitasPerhatikan kualitas foto barang. Kemungkinan, foto tersebut diambil dari internet. Minta si penjual memfoto barang aslinya. Jangan sampai, kamu malah dikirimkan dus kosong karena olshop tersebut memang tak menjual barang apapun.

Bacaan Lainnya

3.PriceHarga murah dan testimoni pelanggan, juga bukan jaminan akun olshop tersebut asli. Jika price yang ditawarkan di bawah pasaran, kamu sebaiknya curiga sejak awal. Bisa jadi, akun tersebut adalah olshop penipu.

4.Cash on DeliveryGunakan fasilitas Cash on Delivery (COD) atau rekening bersama. Transaksi seperti ini membuat pelanggan merasa aman. Jika memiliki COD, maka penjual dan pembeli bertemu langsung. Jika tak suka, bisa menolak membelinya. Sementara rekening bersama bisa membuat pembeli yakin kalau barang yang dibelinya asli. Asalkan, rekening bersama tersebut terkoneksi dan terpercaya.

5.Bukti TransaksiJangan lupa, menyimpan bukti transaksi pembelian. Kalau perlu, minta nomor resi pengiriman barang. Capture percakapan atau chat dengan si penjual. Selain itu kamu harus jadi pembeli yang bijak, waspada, serta jeli. Selamat berbelanja! (*)

Pos terkait