[Cerpen] New School in New Normal Era

  • Bagikan
Photo by Fathika Raihani Tawali

Wajah-wajah di sini terlihat sangat asing. Riska yang satu-satunya kukenali di sekolah ini juga berbeda kelas denganku. Dilihat dari papan nama kelas, sepertinya ada empat kelas berbeda di angkatanku kali ini. Ruangan kelasku terasa cukup luas, sehingga mampu memuat 21 murid dengan jarak antar bangku sekitar satu meter.

Setelah semua memperkenalkan diri, guru wali kelas kami yang bernama bu Narda mulai menjelaskan tentang protocol kesehatan yang harus dilakukan.

“Kita harus selalu membawa handsanitizer di mana pun berada.”

“Semua memakai masker, tapi selama dua hari di sekolah, sebaiknya menggunakan alat pelindung wajah, face shield,” jelas bu Narda.

“Tapi saya tidak punya, bu,” kata salah satu siswa dengan wajah sedih.

“Tidak apa-apa, ibu akan membagikan satu persatu untuk kalian, sekalian dengan hand sanitizer juga,”

“Oh iya, hehe,” ia tertawa kecil sambil menggaruk-garuk kepala.

Nah, akhirnya, aku bisa melihat wajah-wajah dari teman-teman baruku ini. Aku menoleh ke kanan dan kiri, sambil tersenyum ke arah mereka. Kami dipersilahkan maju satu per satu untuk memperkenalkan diri masing-masing.Seperti yang terjadi pada jenjang-jenjang sebelumnya, karakter murid-murid di kelasku sangatlah beragam. Ada yang masih pemalu, ada yang tegas, bahkan ada yang dapat mengundang gelak tawa sekelas dengan tingkah lakunya yang kocak.

“Jadi bu, kita belajarnya bakal lewat daring terus?”

“Iya, pembelajaran daring rencananya akan dilakukan sampai bulan Desember. Selama dua hari sejak hari ini, kalian hanya akan melewati masa pengenalan saja,” bu Narda menjelaskan dengan senyuman lebarnya.

“Yaah buu…” seruan kecewa murid sekelas terdengar kompak.

“Eh, kalian tidak senang belajar di rumah?”

“Iya, sih. Tapi tidak lima bulan juga, bu. Bisa lumutan kami di rumah.”

“Hehehe. Sudah, sudaah. Bersyukur kita masih diberikan kesehatan. Jadi harus patuh dengan arahan pemerintah, dan senantiasa berdoa demi kesembuhan dunia. Suatu saat nanti, masa-masa ini akan terus kalian ingat. Tetap semangat, ya!”

Benar kata bu Narda. Pada suatu saat nanti hal ini akan menjadi kenangan yang berkesan. Stay healthy y’all! (*)

Fathika Raihani TawaliSMA Plus Al-Ashri GMIG : @fika2546

  • Bagikan