Ini Cara Agar Kamu Bisa Raup Rupiah dengan Memanfaatkan Hobi

  • Bagikan
www.lucasrietsch.fr

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, hampir semua orang memiliki kegiatan yang disukai alias hobi. Namun, tidak banyak yang kreatif menjadikan hobinya untuk meraup rupiah.

Yapppss di era milenial sekarang ini, sebagian remaja bisa memanfaatkan hobinya dengan cerdas. Selain membawa manfaat bagi banyak orang, juga membawa keuntungan untuk diri sendiri.

Misalnya, penyuka kegiatan menggambar, membuat website, software, game, atau karya yang lainnya, bisa dijual dengan kisaran yang diinginkan. Seperti di DeviantArt banyak sekali orang yang memiliki hobi menggambar dan menjual karyanya, baik dalam bentuk karakter, background, maupun material untuk editing foto.

Remaja yang punya inisiatif berwirausaha melalui hobinya perlu menanamkan konsistensi. Semangat yang membara bisa saja pudar ketika rasa bosan datang. Sekalipun bisnis tersebut berasal dari hobi, konsisten harus tetap dijaga.

Di zaman serba canggih sekarang bisa dilihat banyaknya peluang bisnis bagi remaja, utamanya di industri kreatif. Dari sekadar hobi membuat video dengan beragam konten, seseorang bisa meraup rupiah dengan adanya YouTube dengan memanfaatkan monetasi dari Google.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia (UMI), Dr. Mukhlis Sufri mengakui memang sangat banyak kategori hobi yang bisa membuat remaja-remaja sekarang bisa berpenghasilan. Namun bagi remaja yang masih dalam tahap perkembangan diri tidak menutup kemungkinan akan menyerah dari bisnis yang ia mulai.

  • Bagikan