Hand Soapku, Produk Sabun Tangan Ciptaan Siswi SMK SMTI Makassar yang Efektif Hempaskan Virus

  • Whatsapp

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola gaes, ide serta kreativitas pelajar Indonesia emang gak ada habisnya. Masih dari SMK SMTI Makassar, dua siswinya berhasil membuat hand soap yang tak kalah efektif dalam membersihkan virus di tangan.

Mereka adalah Nurfasla Sandi dan Mutiara, Siswi kelas tiga Jurusan Kimia. Keduanya berhasil membuat produk sabun tangan yang diberi nama Hand Soapku. Sebuah ide yang tercetus akibat kelangkaan hand sanitizer dan harganya yang cukup mahal.

Bacaan Lainnya

Menurut Nurfasla Sandi, proses membuatnya tidak begitu sulit dan hanya memakan waktu dua jam. Bahannya pun mudah didapatkan, yaitu Bipolar Surf , NaCl, Gliserin, Kreolin, Air, Parfum, dan Pewarna. “Untuk pembuatan hand soap ini tidak terlalu ribet, karena hanya memerlukan waktu dua jam dan bahannya cukup mudah didapatkan,” beber cewek yang akrab disapa Shela ini.

Meski pembuatan Hand Soapku sangat singkat, bukan berarti keduanya tidak mendapat kendala. Mutiara mengakui bahwa mereka sempat kewalahan dikarenakan semua bahan harus benar-benar tercampur rata saat di-mixer. “Pencampurannya benar-benar lama karena semua bahan harus disatukan dan dicampur menggunakan mixer, dan harus betul-betul diperhatikan agar mendapat kualitas yang bagus,” beber Mutiara.

Pos terkait