Mitos? Ini Dia Penjelasan Tentang Hujan di Tengah Terik Matahari

  • Bagikan
http://id.gofreedownload.net/

Dari sisi ilmiahnya ada penjelasan dari Prakirawan Cuaca BMKG Makassar nih gaes. Rizky Yudha P menjelaskan bahwa hujan tapi matahari cerah itu sering terjadi karena peralihan cuaca. Terutama saat peralihan musim kemarau ke hujan atau sebaliknya. Ilmuan menyebutnya hujan lokal. Lalu terkait orang meninggal itu, terjadi karena kebetulan.

Di masa peralihan itu,lanjutnya, uap air di wilayah suatu daerah itu tidak banyak, beda saat musim hujan yang uap airnya banyak, sehingga potensi terbentuk awan itu luas. “Saat masa peralihan itu massa uapnya sedikit, jadi hujan hanya terjadi di wilayah tertentu. Kemudian di daerah yang jaraknya tidak jauh, kondisinya cerah berawan,” ungkap pria yang hobi membaca itu.

Rizky sapaannya menambahkan, uap air di masa peralihan itu didorong oleh proses dinamika atmosfer. Baik itu proses konveksi (pemanasan) ataupun olografis (pegunungan) yang menyebabkan uap air naik ke atas menjadi sebuah awan yang sedikit.

Paham kan gaes. Jadi cerita itu hanyalah mitos yang kebetulan terjadi saat hujan tapi matahari cerah alias hujan lokal.(*)

  • Bagikan