Siswa Sekolah Islam Athirah Pelajari Anatomi Tubuh Hewan Melalui Kurban

  • Bagikan
Dok. Pribadi/Humas Sekolah Islam Athirah

“Edukasi pada kegiatan ini mengintegrasikan esensi kurban pada mata pelajaran seperti PAI, Bahasa Indonesia, dan Biologi, dan ini ditayangkan secara live,” terang Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Mas Aman Uppi, S.Pd., M.Pd. via Whatsapp.

Senada dengan Aman, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bone, Syamsul Bahri, S.Pd. mengatakan, edukasi terbaik untuk siswa terkait dengan kurban adalah dengan mengajak mereka berpartisipasi secara langsung. Hal tersebut, sambungnya, dilakukan dalam bentuk menyediakan hewan kurban secara perorangan ataupun kelompok. Selain itu, lanjut Syamsul, siswa juga dilibatkan dalam proses distribusi daging kurban.

“Dari proses ini diharapkan tumbuh kepekaan sosial dalam diri siswa melalui kesediaan mengeluarkan biaya maupun tenaga untuk berbagi kepada sesama,” kata Syamsul.

Ihwal penyembelihan hewan kurban yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bukit Baruga, Dr. Patris Hasanuddin, M.Pd. juga turut memberikan tanggapannya. Ia memaknai hal tersebut sebagai ajang melatih kesabaran sebagaimana sabarnya Nabi Ismail dalam taat kepada Allah Swt.

“Sekarang kita berada pada suasana pandemi, bahkan angka Covid terus menanjak hingga membatasi gerak kita, termasuk PTM (Pembelajaran Tatap Muka) yang terus tertunda,” ucapnya.

“Melalui ibadah kurban kita melatih kesabaran, seperti sabarnya Nabi Ismail merelakan diri untuk disembelih oleh ayahnya. Jika siswa sabar menerima pandemi ini, insyaallah, Alah akan memberikan jalan keluar bahkan rezeki dari arah yang tidak disangka,” imbuh Patris.

Sementara itu Direktur Sekolah Islam Athirah, H. Syamril, S.T., M.Pd. berharap, momentum Iduladha tahun ini tetap berjalan dengan baik meskipun dalam suasana pandemi Covid-19. Ia juga berharap, siswa dapat menghayati makna kurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

“Siswa dapat menghayati makna kurban untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui kepatuhan pada perintah-Nya., juga berbagi hewan kurban kepada yg membutuhkan,” ucapnya. (*)

  • Bagikan