Jangan Disepelekan, Ini 7 Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

  • Bagikan
www.medicalnewstoday.com

4.Merasa Makanan yang Biasanya Manis Kurang ManisMengonsumsi terlalu banyak gula bisa membuat bagian lidah indra pengecap yang merasakan gula berubah. Perubahan ini membuatnya tidak mentoleransi gula seperti biasanya, sehingga ingin makan yang lebih manis lagi. Ini bisa kembali dibiasakan dengan mengurangi asupan gula agar tidak berlebihan.

5.Sering Mengalami Gigi BerlubangNah, ini adalah salah satu dampak sekaligus tanda jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula. Sebabnya, ketika bakteri memakan makanan yang ada di sela gigi, ia memproduksi senyawa asam yang menyebabkan pembusukan gigi.

Sebenarnya, air liur menjaga keseimbangan bakteri, tapi mengonsumsi gula bisa memengaruhi tingkat keasaman air liur dan menganggu ekosistem alami mulut. Akhirnya, bakteri bisa berkembang biak.

6.Gangguan PencernaanMenerut penelitian, kelebihan gula bisa mengurangi keanekaragaman bakteri baik di usus. Padahal, bakteri baik itu dibutuhkan oleh usus kita dalam sistem pencernaan. Bahkan, adanya bakteri baik itu juga penting bagi sistem kekebalan tubuh. Nah, jika kamu merasa pencernaannya terganggu, mungkin itu tanda bahwa tubuhmu kelebihan gula.

7.Memengaruhi Kualitas TidurKalau kamu mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula tambahan sesaat sebelum tidur, ini bisa membuat sulit tidur. Sebabnya, makanan yang tinggi gula itu meningkatkan kadar gula darah, sehingga tubuh sulit mempersiapkan diri untuk istirahat. Kemudian ada hormon serotonin yang membuat kita merasa santai dan mengantuk.

Tapi meski begitu, kualitas tidur tidak selelap jika tidak kelebihan gula. Kemudian, saat bangun tubuh juga tidak terasa bugar, karena setelah naik, kadar gula darah turun tiba-tiba di malam hari. (*)

  • Bagikan