Wajar atau Salah? Ternyata Begini Alasan Seseorang Bisa Menjadi Posesif

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, Siapa nih yang memiliki pasangan yang terlalu posesif? Apakah kamu nyaman dengam sifat posesif itu atau justru merasa terkekang?

Yapss, posesif adalah rasa cemburu kelewat batas yang seringkali merupakan awal dari sikap mengontrol, mengatur, atau menguasai orang lain. Oleh karena itu, sifat posesif seringkali disebut juga dengan controlling behaviour atau perilaku suka mengatur berlebihan. Perilaku ini akan merampas kebebasan orang lain bahkan bisa mengarah pada bentuk pelecehan, termasuk abusive relationship.

Dilansir dari laman blogunik, ada yang bilang jika posesif itu normal dalam setiap hubungan selama dilakukan sewajarnya. Tapi jika berlebihan dan membuat seseorang merasa berhak untuk mengatur, membatasi, serta melarang hidup pasangannya, yang terjadi adalah hubungan kamu menjadi tidak sehat dan membuat pasangannya menderita secara psikologis, bahkan fisik karena tindakan yang diluar batas.

Posesif ini tidak hadir begitu saja ketika seseorang lahir, namun sikap posesif ini bisa muncul karena ada beberapa kondisi yang menyebabkannya. Dilansir dari healthguidance.org, posesif juga bisa menjadi indikator bahwa ada masalah kesehatan mental yang serius pada seseorang, seperti gangguan bipolar, gangguan kepribadian narsistik, atau bahkan skizofrenia. Nah selain itu, berikut beberapa kondisi penyebab orang menjadi posesif!

1.Rasa Takut

Perilaku posesif ini bisa terjadi karena seseorang memiliki rasa takut akan berbagai hal. Misalnya saja seperti takut ditinggalkan oleh orang tersayang, takut merasakan sakit hati, takut dikasihani oleh orang lain, hingga takut merasakan kegagalan. Kondisi ini biasanya muncul ketika seseorang mengalami peristiwa dimasa lalunya yang membuatnya trauma akan ditinggalkan dan kehilangan.

2.Kurang Percaya Diri

  • Bagikan