Begini Loh Penjelasan Ahli Tentang Jangan Langsung Sikat Gigi Setelah Makan

  • Bagikan
freepik

KEKER. FAJAR.CO.ID — Hai Sobat KeKeR, menyikat gigi setelah makan memang bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Tapi, kamu perlu tahu kalau langsung sikat gigi setelah makan justru dapat berbahaya bagi kesehatan gigi. Loh Kok bisa?

Dilansir dari laman fajar.co.id, dampak buruk sikat gigi setelah makan makanan yang mengandung asam, seperti jeruk atau lemon, dapat melemahkan enamel gigi.

Enamel merupakan lapisan terluar dan keras yang berfungsi untuk melindungi gigi. Pasalnya, asam pada makanan dan minuman tersebut akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Dengan langsung menyikat gigi segera setelah makan atau minum, kamu berarti mempercepat proses kerusakan gigi. Hal ini terjadi karena selama makan, kadar asam dapat meningkat sehingga gigi berada dalam kondisi yang lemah.

Ketika kamu menggosok gigi segera setelah mengonsumsi makanan asam, lapisan enamel tersebut akan rusak atau terkikis karena dalam keadaan lemah.

Selain itu, menurut American Dental Association (ADA), berkontak dengan asam yang terlalu lama akan menyebabkan terkikisnya lapisan keras gigi dan memicu kerusakan permanen pada gigi kamu.

  • Bagikan