Yuk Peduli Lingkungan, 6 Aplikasi Daur Ulang Sampah Ini Solusinya

  • Bagikan
Dreamstime.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, pasti kamu tahu dong kalau sampah adalah salah satu permasalahan yang belum maksimal penanganannya di Indonesia. Tapi hadirnya berbagai aplikasi pengelolaan sampah bisa membuat SoKer berkontribusi dalam menanganinya loh.

Yapps, Sampah-sampah yang bertebaran umumnya dibuang tanpa dipilah terlebih dahulu dan masih banyak masyarakat yang membuang sampah tersebut ke tempat yang bukan seharusnya seperti sungai dan laut. Harus SoKer ketahui kalau hal tersebut membuat negara kita berada dalam posisi kedua penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak di dunia.

Nah, kamu gak mau kan masalah sampah tersebut berlarut-larut. Sebagai resolusi baik di tahun baru ini, kamu bisa memulai dengan mengumpulkan sampah-sampah plastik yang ada di rumah dan menukarkannya melalui aplikasi. So, kali ini KeKeR merangkum beberapa aplikasi pengelolaan sampah supaya SoKeR bisa ikut membantu. Cekidot!!!

1.Mallsampah (Makassar)Mallsampah memiliki berbagai fitur, yaitu Jual Sampah, Donasi Sampah, Produk Hijau, Zero Waste, dan Gerakan Hijau. Buat kamu yang ingin menggunakan layanan Mallsampah untuk fitur Jual Sampah dan Donasi Sampah, kamu tidak perlu mendaftar terlebih dahulu setelah mengakses laman Mallsampah. Kamu bisa langsung menentukan jenis sampah yang kamu miliki, memilih lokasimu, lalu sistem akan menyajikan rekomendasi pengepul terdekat yang siap membeli sampah kamu. Setelah itu, kamu bisa memilih pengepul yang sesuai dan menghubungi kontak yang disediakan.

Sementara itu, menu Produk Hijau memungkinkan kamu untuk membeli berbagai macam kerajinan hasil olahan sampah dari berbagai penjual dan melakukan transaksi secara langsung. Menu Gerakan Hijau ditujukan untuk sekolah atau komunitas yang tertarik melakukan gerakan daur ulang untuk mendapatkan poin yang dapat ditukarkan atau berbagai voucher menarik lainnya. Terakhir, ada menu Zero Waste di mana kamu bisa berlangganan layanan pengelolaan sampah premium dengan tagihan bulanan.

2.eRecycle (Jakarta, Depok, Bekasi)Kamu juga bisa mendaur ulang sampah kemasanmu di rumah dengan menggunakan eRecycle. Dengan proses melalui aplikasi ini, sampah kemasan yang telah kamu pilah akan dijemput di rumah, ditimbang secara digital, dan akan diganti berupa reward yang dapat didonasikan kepada LSM yang bekerja sama dengan eRecycle. Untuk saat ini jenis sampah yang dikelola oleh eRecycle adalah plastik, kertas, dan botol kaca.

3.Gringgo (Denpasar)Gringgo memudahkan kamu untuk menemukan detail nilai uang dari setiap jenis sampah serta tempat pembuangan sampah (TPS) yang bisa kamu kunjungi. Sampah-sampah yang kamu punya kemudian bisa kamu serahkan ke TPS terdekat untuk ditukarkan dengan uang sesuai jumlah sampah. Buat kamu yang sibuk dan nggak sempat ke luar rumah, kamu bisa menggunakan fasilitas permintaan layanan penjemputan sampah dengan mengisi formulir berisi nama, telepon, email, alamat, dan permintaan dari pengguna.

4.Angkuts (Pontianak)Aplikasi Angkuts dapat kamu unduh di Google Playstore secara gratis. Setelah mengunduh aplikasi, kamu akan diminta untuk mendaftar dengan memasukkan nama dan nomor ponsel. Pengguna kemudian dapat memilih dua opsi: barang atau sampah. Pengguna kemudian diminta memilih kendaraan yang digunakan untuk mengangkut sampah atau barang dari rumahnya.

  • Bagikan