Berguna untuk Masa Depan, 10 Soft Skill Ini Wajib Kamu Latih Saat Masih Remaja

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Sobat KeKeR pasti pernah mendengar istilah Soft Skill, yah keahlian ini menunjukkan bagaimana kalian dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain nantinya di dalam dunia kerja. Walaupun di sekolah SoKeR berhasil mendapatkan nilai tinggi, jika tidak berhasil mengasah kemampuan ini dengan baik, kamu berpotensi mengalami kesulitan nantinya.

Bukan cuma hard skill loh yang di latih, tapi soft skill juga penting buat masa depan kalian. Soft skill bisa sangat mendukung dan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan, serta pastinya di pekerjaan kelak. So, soft skill wajib apa saja sih yang harus kita miliki di zaman sekarang? Yuk, simak beberapa di antaranya :

1.Komunikasi

Soft skill satu ini wajib kamu miliki yaitu komunikasi, dimanapun SoKeR berada pasti kamu butuh berkomunikasi dengan orang lain , dengan teman, guru atau dosen hingga lingkungan sekitar. Kedengarannya sih simple, tapi masih banyak loh yang sulit untuk menerapkan komunikasi yang baik.

2.Kemampuan Bekerja Sama

Skill kemampuan bagi individu itu sangat penting, tapi mampu bekerja sama tak kalah pentingnya loh. SoKeR pasti akan membutuhkan kemampuan ini saat diberikan tugas kelompok oleh gurunya. So, kamu harus melatih diri untuk bisa menerima pendapat orang lain, berdiskusi dan mencapai solusi, menghargai perbedaan pendapat, serta berkontribusi sesuai kemampuanmu yah.

3.Problem Solving

Mungkin di tahun 2020 kamu orang yang pasif, eitss di tahun baru ini SoKeR tidak bisa lagi jadi orang yang pasif! Sekolah mengajarkan untuk selalu menjadi proaktif dan mengeluarkan pendapat serta solusi terhadap sebuah masalah. Jadi SoKeR jangan taku lagi dalam mengeluarkan pendapat dan mencari solusi dari masalah yang ada yah!

4.Manajemen

Saat Remaja SoKeR harus memiliki skill manajemen yang baik. Hmmmm.. siapa nih yang masih suka menunda mengerjakan tugas dan keteteran dalam menentukan pembagian prioritas, kamus harus mulai belajar managing skill, ya. Kenapa? Karena kemampuan untuk merencanakan, membagi, dan mengeksekusi tugas diperlukan banget di dunia perkualiahan dan kerja nanti. Dengan demikian, tugas dan pekerjaan kamu tidak akan keluar dari jadwal dan target yang sudah direncanakan.

5.Beradaptasi

Secara tidak sadar sudah kamu latih soft skill ini sejak dulu, lho. Setiap kita lulus dari satu jenjang pendidikan dan masuk ke jenjang berikutnya, SoKeR pasti mengalami masa-masa berkenalan dengan teman baru, belajar hal baru, membiasakan diri dengan situasi baru, dan lain-lain. Nah, orang-orang yang punya tingkat adaptasi lebih cepat dan tinggi akan lebih menguntungkan. Kamu bisa merasa nyaman dengan situasi apapun sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaikmu.

  • Bagikan