Ini Loh 7 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu Sobat KeKeR, ternyata belajar bahasa Inggris nggak serumit yang kamu bayangkan. Yapss, jika kamu tahu triknya, pasti kamu bisa lancar dalam memahami bahasa Inggris.

Terdapat beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dan menyenangkan. Kamu bisa memanfaatkan media televisi, video, dan musik sebagai sarana belajar bahasa inggris.

Melansir dari laman katadata.co.id, berikut 7 tips belajar bahasa Inggris mudah untuk pemula. Let’s check it out!

1.Gunakan Alat Bantu Visual

Belajar bahasa Inggris menggunakan gambar dan alat bantu visual lainnya sangat membantu karena mempermudah pemahaman. Gambar, diagram, dan video bisa digunakan untuk menghubungkan visual dengan kata-kata.

Mulai dengan belajar kosakata untuk menyebutkan bagian-bagian wajah dan menggunakan foto-foto orang sebagai alat bantu visual. Bagi siswa, gambar kartun lucu mungkin lebih disukai. Tetapi, orang dewasa mungkin lebih menyukai gambar yang nyata.

Membuat alat bantu visual bisa juga dilakukan dengan memotong gambar dari majalah atau mencetak gambar yang ditemukan secara daring.

2.Dengarkan Musik dan Pelajari Liriknya

Menggunakan musik sebagai media belajar Bahasa Inggris bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Menurut publikasi Florida National University, musik mengaktifkan otak kiri dan kanan secara bersamaan. Hasilnya, kedua belahan otak bisa memaksimalkan pembelajaran dan meningkatkan daya ingat.

Musik adalah sumber yang bagus untuk mempelajari Bahasa Inggris yang lugas. Dengarkan lagu-lagu populer karena lebih banyak dimainkan saat berada di dalam mobil, radio, atau mal sehingga menjadi terbiasa.Perhatikan untuk tidak memilih lagu dengan lirik kasar atau vulgar.

Beberapa rekomendasi lagu untuk belajar Bahasa Inggris adalah: Wake me up – Avicci, Thinking out Loud – Ed Sheeran, Budapest – George Ezra, Hello – Adele, Someone You Loved – Lewis Capaldi, All of Me – John Legend.

Baca lirik lagu sambil mendengarkannya. Terjemahkan kata dan kalimat lalu coba mengucapkannya.

3.Membaca Teks Bahasa Inggris

Teks Bahasa Inggris bisa ditemukan di mana saja. Misalnya, pada buku, surat kabar, situs web, email, media sosial, bahkan pada bungkus makanan. Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata.Bacaan dalam bentuk artikel, cerita, dan percakapan bisa membantu untuk mengetahui dan memahami arti kata-kata bahasa Inggris. Membaca juga memberikan pengulangan kata-kata sehingga membantu untuk mengingatnya.

  • Bagikan