Sisi Gelap Industri Fashion ? Yuk Kenali Apa Itu Tren Fast Fashion dan Bagaimana Menghindari Dampaknya

  • Bagikan
freepik : tren fast fashion

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKer, siapa nih yang pernah dengar istilah fast fashion? Beberapa waktu belakangan ini isu fast fashion lagi ramai diperbincangkan loh.

Istilah fast fashion kerap kali disandingkan dengan “limbah fashion”. Lahirnya fast fashion tentu tidak terlepas dari meningkatnya permintaan pasar terhadap fashion. Hal ini dikarenakan meningkatnya pembelian pakaian di pasaran. Bagaimana tidak harga yang ditawarkan produk fast fashion relatif murah dibandingkan dengan pakaian dari desainer. Siapa sih yang nggak mau tampil modis dan keren dengan mengeluarkan budget yang rendah? Pasti Sobat KeKer mau juga kan.

freepik

Apa itu fast fashion?

Fast fashion menjadi istilah bagi para industri tekstil yang memproduksi berbagai produk fashion yang terus mengalami perubahan, silih berganti dalam waktu cepat. Konsep fast fashion sendiri fokus kepada bagaimana menghasilkan barang khususnya dalam hal ini fashion dengan biaya serendah mungkin, namun mampu memenuhi permintaan konsumen yang terus mengalami perubahan dengan cepat.

Sederhananya, konsumen menginginkan pakaian dengan gaya terbaru dengan harga yang terjangkau.Dibalik kesuksesan industri fast fashion yang menarik perhatian banyak orang, ternyata ada banyak buruh yang mengalami penderitaan loh gaes. Mereja tidak mendapatkan upah yang setimpal dengan apa yang mereka kerjakan. Mereka juga dipaksa untuk membuat produk dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat agar dapat memenuhi keinginan konsumen. Dan salah satu prinsip industri fast fashion adalah menekan biaya produksi agar tetap bisa menawarkan produk dengan harga yang relatif murah. Sehingga brand fast fashion bekerjasama dengan industri garmen di negara-negara Asia yang memiliki standar upah pekerja yang lebih rendah.

Selain itu, fast fashion juga menjadi salah satu penyebab terbesar polusi limbah fashion loh gaes, bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan seperti, polusi tanah, air, maupun penghasil gas emisi rumah kaca yang menyebabkan climate change atau perubahan iklim.

Menurut hasil penilitian dari Ellen MacArthur Foundation, industry fashion menghasilkan emisi gas yang lebih merusak iklim dibandingkan industry pelayaran dan penerbangan digabungkan menjadi satu.Sangat berbahaya kan gaes? Makanya diperlukannya kesadaran terkait dampak buruk yang dihasilkan akibat fast fashion. Untuk itu, yuk kenali ciri-ciri produk fast fashion apa aja sih?

  • Bagikan