Kenali Zero Waste Lifestyle, Gaya Hidup tanpa Sampah

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKer, pernah ga sih kalian mendengar gaya hidup zero waste? mungkin sebagian dari kamu masih bertanya-tanya apa sih gaya hidup zero waste ini? Atau bahkan nggak percaya, mana mungkin kita hidup tanpa membuat sampah. Eeits, jangan pesimis dulu yuk kita kenali zero waste lifestyle.

Tanpa kita sadari, gaya hidup modern terus-menerus mendorong kita untuk membeli banyak barang. Dengan meningkatnya pembelian barang, maka jumlah sampah juga ikut meningkat. Sementara dilain sisi, kini tempat pembuangan sampah meluap, TPA hampir tidak mampu lagi menampung kapasitas sampah secara besar-besaran serta lautan pun sudah ikut tercemar.

Zero waste atau bebas sampah menjadi filosofi untuk dijadikan gaya hidup yang mengajak kita untuk lebih bijak dalam menggunakan produk sekali pakai dan mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat kapasitas sampah yang sangat tinggi.

Zero waste tidak hanya sebatas recycle atau mendaur ulang saja tetapi menantang kita untuk mengevaluasi kembali gaya hidup kita, apakah sesuatu yang kita konsumsi akan berdampak bagi lingkungan. Zero waste menerapkan metode 5 R, yaitu : refuse (menolak), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali, recycle (mendaur ulang).

  • Bagikan