Yuk Jadi Netizen Cerdas, Ini 5 Cara Biar Kamu Terhindar dari Berita Hoaks

  • Bagikan
youtube.com

3.Waspada dengan Gambar yang DikirimkanSelain artikel, yang paling mengena di pikiran adalah gambar yang disebarkan. Hati-hati ketika melihat gambar yang terlalu menyeramkan atau fenomenal. Terkadang, gambar itu bukan dari kejadian yang sebenarnya, melainkan diambil dari kejadian yang sudah lewat di tempat lain.

4.Jangan Buru-buru SharingDi era sosial media seperti sekarang ini, setiap orang cenderung ingin jadi sumber pertama yang menyebarkan berita dan inilah yang membuat kita jadi tanpa pikir panjang langsung share berita yang diterima. Sebelum kamu putuskan untuk membagikan, ada baiknya untuk memastikan kebenarannya.

5.Baca Secara Menyeluruhbersifat click-bait. Kebiasaan setiap orang adalah hanya membaca judul dan headline saja tanpa membaca secara keseluruhan. Sebelum kamu sebarkan, ada baiknya kamu cek sumber lain ataupun diskusikan dengan teman terdekat.

Tujuan dari berita hoaks adalah menyebarkan rasa takut. Cara untuk terhindar dari berita hoaks yang paling jitu adalah tarik nafas dan tinggalkan berita tersebut. Kemudian, baca ulang setelah kamu sudah cenderung lebih tenang. Jangan langsung percaya dengan berita yang kamu terima, tanpa mengetahui terlebih dahulu kebenaran dan sumber pastinya. (*)

  • Bagikan