Ini Loh 5 Cara Ampuh Belajar Kimia dengan Mudah

  • Bagikan
freepik

3.Melakukan Percobaan Kimia Dasar

Cara belajar Kimia ini cocok untuk kamu yang merasa lebih mudah memahami konsep lewat praktik, bukan teori. Kamu bisa melakukan percobaan kimia dasar SMA di laboratorium sekolah untuk meningkatkan pemahamanmu. Manfaatkan kesempatan ini untuk terlibat langsung dalam eksperimen kimiawi, alih-alih hanya membaca teorinya di buku. Namun, sebaiknya kamu mendapat pengawasan dari guru agar tetap aman selama melakukan percobaan, ya.

4.Pemetaan Materi

Kamu bakal lebih mudah belajar Kimia jika mempelajari materinya secara berurutan dari yang paling dasar sampai kompleks. Untuk menerapkannya, kamu perlu membuat pemetaan materi. Kalau kamu belajar tanpa memetakan materi, bisa-bisa kamu langsung mempelajari materi yang rumit dan melewatkan konsep dasarnya. Alhasil, kamu kebingungan, lalu menganggap Kimia sebagai mata pelajaran sulit deh!

5.Sering Mengerjakan Latihan Soal

Latihan soal sangat membantumu memahami pelajaran Kimia. Setiap mengerjakan latihan soal, penguasaan rumus-rumus dan konsep Kimia bakal bertambah. Lama-kelamaan, kamu akan hafal dan paham rumus-rumus tersebut biasa digunakan untuk soal seperti apa. Setelah belajar materi, sebaiknya kamu membuat jadwal rutin latihan soal. Dengan begitu, kamu lebih cepat jago pelajaran Kimia. Jangan lupa cek hasil pengerjaan soal kamu, ya. Hal ini berfungsi untuk menganalisis materi mana yang sudah kamu kuasai atau justru perlu ditingkatkan lagi biar hasilnya optimal. (*)

  • Bagikan