14 Kebiasaan yang Bisa Bikin Awet Muda, yang Terakhir Harus Kamu Coba

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hi Sobat KeKeR, kamu nggak bisa menghindari yang namanya jadi tua, tapi ada berbagai kebiasaan yang bisa membuat kamu jadi awet muda jika konsisten dilakukan.

Merangkum dari laman blogunik.com, berikut 14 kebiasaan yang bisa bikin awet muda. Yuk disimak!

1.Dapatkan waktu tidur yang cukup

Kurangi kebiasaan begadang karena tidur yang cukup merupakan rahasia awet muda alami yang bisa kamu rasakan hasilnya jika dilakukan secara konsisten. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup maka tanda-tanda penuaan dapat terhambat.

2.Olahraga

Olahraga bisa membantu kamu dalam mencegah kehilangan massa otot. Selain itu, olahraga juga dapat membantu untuk mengencangkan otot tubuh dan membuat kamu terlihat awet muda. Jadi buat kamu yang ingin tetap awet muda, pastikan untuk mulai berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit dalam sehari dan dilakukan setiap hari.

3.Rutin merawat wajah dengan skincare sesuai jenis kulit

Nggak harus ke klinik kacantikan, dengan produk skincare yang tepat kamu juga bisa merawat kulit kamu agar senantiasa kencang dan awet muda. Rangkaian perawatan wajah di rumah ini dimulai dari membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi, dan yang terpenting adalah menggunakan pelembab. Jangan malas merawat wajah, jika kamu tidak ingin kulit kamu cepat keriput dan muncul tanda-tanda penuaan yang lainnya.

4.Rajin menggunakan tabir surya

Selain pelembab, rangkaian skincare yang wajib hukumnya digunakan setiap hari adalah tabir surya. Ini karena terkena paparan sinar ultraviolet (UV) terlalu sering dapat merusak kolagen pada kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Maka dari itu, kamu tidak boleh melewatkan cara agar awet muda yang satu ini.

Kamu bisa menggunakan sunscreen berlabel broad spectrum dengan SPF minimal 30 atau lebih. Kamu bisa mengoleskan tabir surya ke kulit 30 menit sebelum keluar rumah pada pagi dan siang hari, dan ulangi pemakaian tabir surya setiap 2 jam atau lebih sering jika kamu berkeringat atau berenang.

5.Hindari stres

Salah satu kunci agar tetap awet muda adalah dengan menghindari stres. Ini karena stres dapat meningkatkan hormon peradangan yang merusak sel tubuh, mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun dalam menjalani kehidupan sehari-hari, rasa stres sering kali tak bisa dielakkan. Meski begitu, janganlah biarkan diri kamu merasakan stress berlarut-larut.

6.Melakukan yoga

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yoga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi stres yang dapat mempercepat proses penuaan. Selain mengurangi rasa stres, yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan, dan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Jadi tak hanya penampilan saja yang terlihat awet muda, namun kondisi kesehatan juga bisa tetap terjaga layaknya remaja yang masih bugar.

7.Meluangkan waktu untuk berjemur

Meskipun sinar sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kolagen pada kulit sehingga menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, namun bukan berarti kita tidak membutuhkan sinar matahari. Tubuh tetap membutuhkan sinar matahari untuk membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jadi penting untuk meluangkan waktu untuk berjemur di bawar sinar matahari. Namun tetap perhatikan waktu dan durasi ketika kamu berjemur. Sangat disarankan untuk berjemur sekitar pukul 09.00 pagi, dengan durasi 5-15 menit.

8.Liburan

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau ternyata liburan juga dapat membuat kita terlihat lebih awet muda. Ya, liburan tak hanya baik untuk menyegarkan pikiran dari tumpukan pekerjaan harian, tetapi juga berkontribusi menjaga diri kita tetap awet muda.

  • Bagikan