Apa Benar Makanan Pedas Bikin Jerawat Muncul? Begini Penjelasannya

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuu Sobat KeKeR, asupan makanan yang kurang tepat bakalan menimbulkan berbagai masalah pada kulit kamu. Seperti, makanan pedas bisa bikin jerawat muncul. Tapi apa memang benar seperti itu?

Merangkum dari laman gooddoctor.co.id yang melansir dari Marque Medical, sebuah studi yang dilakukan pada 2006 dan diterbitkan oleh Eastern Mediterranean Health Journal menyimpulkan bahwa makanan pedas dapat menjadi pemicu lain yang menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

Ini karena makanan pedas sering kali mengandung likopen asam yang dapat mengiritasi kulit, mengganggu keseimbangan tingkat pH, dan memicu munculnya jerawat.

Meskipun setiap orang akan bereaksi berbeda, namun kamu dapat mempertimbangkan menghindari makanan pedas untuk mencegah terjadinya jerawat.

Makanan pedas bisa juga tidak menimbulkan jerawatBanyak penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara diet dan jerawat. Sebagian besar penderita jerawat bahkan percaya bahwa makanan pedas dan asin memperburuk jerawat.

Hal ini kemudian diteliti untuk menilai hubungan antara asupan makanan asin dan pedas terhadap tingkat keparahan, maupun durasi jerawat.

Melibatkan 200 pasien acne vulgaris yang dikelompokkan berdasarkan usia dan jenis kelamin, para peserta diberikan kuesioner, pemeriksaan klinis dan penilaian diet yang disebut metode “24 jam recall“.

Para peneliti lalu menghitung asupan kandungan natrium dari makanan yang dikonsumsi para peserta selama 24 jam. Memakai program komputer yang menghubungkan informasi diet peserta ke tabel komposisi makanan dari basis data National Nutrition Institute.

Hasil penelitian

  • Bagikan