Sajian Khas Lebaran Orang Bugis, Begini Cara Membuat Tape yang Wajib Kamu Coba

  • Bagikan

3.Cuci Ketan Hitam

Setelah 10 menit, siapkan wadah lain. Pindahkan ketan hitam ke dalam wadah tersebut. Cuci kembali sampai benar-benar bersih atau terasa kesat. Jika air cucian sudah bersih, dapat dilakukan tahap selanjutnya. Tiriskan hingga tidak ada air yang tersisa.

4.Masak Sampai Matang

Masukkan kembali ketan hitam yang sudah dicuci bersih ke dalam dandang yang telah berisi air. Lalu, masak kembali selama 30 menit atau sampai ketan hitam benar-benar matang.

5.Diamkan Ketan yang Sudah Dimasak

Setelah 30 menit atau dirasa ketan hitam sudah matang, angkat dan pindahkan ke nampan atau piring yang datar. Diamkan ketan hitam pada suhu ruang sampai dingin.

6.Siapkan Ragi

Sambil menunggu ketan hitam dingin, haluskan 1/2 butir ragi tape. Pastikan ragi tape benar-benar halus. Sisihkan sebentar.

7.Taburkan Gula

Kemudian, taburi ketan hitam dengan gula sesuai selera. Semakin banyak gula yang dipakai, maka rasa yang dihasilkan akan semakin manis. Lalu, taburi dengan ragi yang telah dihaluskan sampai merata.

8.Aduk Rata

Jika ketan hitam sudah ditaburi gula dan ragi, aduk sampai tercampur dengan rata menggunakan sendok.

9.Diamkan Agar Terfermentasi

Siapkan wadah kedap udara. Masukkan ketan hitam ke dalam wadah tersebut dan diamkan selama 2-3 hari agar terfermentasi dan berubah menjadi tape. Setelah 2-3 hari tape ketan hitam telah siap untuk dinikmati.

Gimana SoKeR? Udah siap buat nyobain makanan unik satu ini belum? (*)

  • Bagikan