Tips Buat Kamu yang Ingin Menghilangkan Komedo Membandel di Wajah

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, masalah komedo yang membandel di wajah, terutama area hidung pasti mengganggu banget. Wajah kamu bakalan kelihatan kusam dan gelap. Uhhhh…

Yapss, komedo adalah salah satu jenis jerawat yang terjadi ketika sel kulit mati dan minyak kulit wajah menghambat pori-pori wajah. Ada dua jenis komedo, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead).

Sama-sama terjadi akibat tersumbatnya pori-pori, perbedaan keduanya terletak pada tertutup dan tidaknya bagian permukaannya. Whitehead permukaannya tertutup kulit sehingga berwarna putih, sedangkan blackhead permukaannya tidak tertutup sehingga teroksidasi dan berwarna hitam.

Dilansir dari laman klikdokter, kamu bisa mengikuti tips berikut, agar komedo membandel bisa menghilang dari wajahmu. Cekidot!!!

1.Rutin Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan komedo yang paling utama tentu saja dengan rutin membersihkan wajah. Kamu dianjurkan untuk rutin mencuci muka di pagi dan malam hari.

Selain waktu yang dianjurkan di atas, kamu pun perlu membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan pengeluaran keringat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori wajah kamu.

Namun ingat, jangan membersihkan wajah terlalu berlebihan, ya. Sebab, hal itu dapat merangsang pembentukan minyak wajah lebih banyak.

2.Pilih Sabun Wajah dengan Kandungan Asam Salisilat

Pakai sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat adalah zat yang diketahui dapat membantu mengatasi komedo karena dapat menghancurkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kamu.

Selain itu, rutin membersihkan kulit wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat juga dapat membantu membersihkan kulit wajah kamu dari kotoran, minyak, dan sisa make up yang masih menempel di wajah.

Nah, cara menghilangkan komedo menggunakan sabun wajah mengandung asam salisilat ini cukup dilakukan sekali dalam sehari.

3.Lakukan Ekstraksi Komedo

Kamu mungkin sering mendengar bahwa mengangkat komedo secara langsung dapat memperburuk kondisi wajah kamu. Yapss, itu benar adanya.

Faktanya, ketika telah terjadi peradangan pada jerawat atau komedo di wajah ataupun di area sekitar hidung, tindakan ini dapat memperparah kondisi. Namun, kamu dapat secara rutin mengangkat komedo dengan bantuan tenaga ahli untuk hasil yang lebih baik.

4.Gunakan Losion Retinoid

Losion retinoid adalah losion yang terbuat dari vitamin A. Fungsinya adalah untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori di kulit wajah. Selain itu, losion ini juga dapat merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

  • Bagikan