Ini Loh 5 Perubahan yang Paling Terasa saat Rutin Menulis Jurnal

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, kamu sering merasa gampang stres? sulit mengungkapkan perasaan dan mudah tertekan? atau sedang butuh cara untuk menjalani hari dengan pikiran yang lebih jernih? Rutin menulis jurnal bisa menjadi salah satu cara efektif yang bisa kamu coba loh.

Merangkum dari laman Insider, Carla Marie Manly, PhD, seorang psikolog klinis dan ahli kesehatan mengungkapkan bahwa menulis jurnal bisa memberi manfaat kesehatan mental, emosi, spiritual, dan fisik tergantung dari tujuan kita melakukannya. Berikut ini sejumlah perubahan dan dampak positif yang bisa kita dapatkan saat rutin menulis jurnal. Cekidot!

1.Kecemasan Menurun

Saat menulis jurnal, kita bisa mengungkapkan rasa takut tersembunyi yang ada di dalam diri. Hal-hal yang memicu rasa cemas bisa kita tuangkan dalam tulisan dan tidak terpendam di dalam diri. Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa ketika orang dewasa yang mengalami gejala kecemasan bertingkat menulis jurnal tentang pengalaman traumatis selama 15-20 menit, tingkat kecemasannya menurun dan gejala depresifnya menurun.

2.Rasa Optimis Meningkat

Saat sedang murung, sedih, atau tidak bersemangat, kegiatan menulis jurnal bisa bantu meningkatkan rasa optimis. Suasana hati bisa lebih baik saat kita bisa menuliskan hal-hal baik. Bahkan mengapresiasi atau mensyukuri hal-hal sederhana bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih nyaman.

3.Stres Berkurang

  • Bagikan