4 Penyebab Munculnya Breakout Setelah Eksfoliasi Wajah

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat keker, eksfoliasi merupakan cara mengangkat sel kulit mati. Proses eksfoliasi bisa menghilangkan minyak pada wajah, kotoran yang berlebih pada pori penyebab komedo. Tapi, eksfoliasi ternyata juga dapat menyebabkan munculnya breakout pada kulit wajah nih, Soker.

Breakout bisa kamu tandai dengan munculnya kemerahan, jerawat serta dapat iritasi pada kulit kamu nih. Nah buat kamu yang penasaran pengen tahu alasan dibalik kenapa sih eksfoliasi dapat menyebabkan breakout pada wajah, yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Kulit Sedang Membersihkan Kotoran

Bahan aktif pada produk eksfoliasi seperti AHA, BHA dan retinol dapat mempercepat proses regenerasi. Kandungan tersebut diyakini dapat mengeluarkan kotoran-kotoran dan komedo, hal ini yang mendorong proses regenerasi kulit dapat menyebabkan breakout. Jadi, penyebab pertama timbulnya breakout yakni karena proses pembersihan akibat penggunaan AHA dan BHA.

2. Eksfoliasi yang Berlebihan

Eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan ternyata dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Selain breakout, juga dapat menimbulkan iritasi pada wajah. Maka disarankan nih SoKeR untuk melakukan eksfoliasi secukupnya maksimal 2-3 kali seminggu.

3. Menggunakan Eksfoliator yang Salah

Tahukah kamu jika ada dua jenis eksfoliator yang umum digunakan untuk mengangkat sel kulit mati, yakni physical dan chemical. Physical exfoliator menggunakan bahan seperti scrub atau masker peel off. Agar kulit kamu tidak mengalami breakout, iritasi ataupun jerawat kamu harus menyesuaikan eksfoliator yang kamu gunakan dengan jenis kulit kamu.

4. Skin Barrier Sedang Terganggu

Kulit memiliki lapisan pelindung yang disebut dengan skin barrier, skin barrier dapat melemah jika kamu menggunakan skincare atau produk yang kurang tepat untuk kebutuhan kulit wajah kamu. Nah untuk mengetahui kondisi skin barrier kamu rusak ditandai dengan munculnya jerawat, kulit kemerahan serta iritasi.

Kondisi tersebut bisa semakin memburuk jika kamu melakukan eksfoliasi, maka tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi ketika wajah kamu sedang mengalami breakout sebaiknya diberi jeda beberapa minggu terlebih dahulu agar kondisi wajah kamu membaik dulu dengan menggunakan skincare yang cocok.

Nah Soker itulah tadi 4 penyebab munculnya breakout akibat eksfoliasi, maka gunakanlah produk eksfoliasi secukupnya dan secocoknya kamu. Jangan tergiur dengan iklan dan harga murah yang ditawarkan tanpa kamu tahu produk tersebut cocok atau tidak untuk kamu.

Semoga Tips diatas dapat bermanfaat untuk kamu nih SoKeR. (*)

  • Bagikan