Ini 3 Pentingnya Me Time, Bikin Fokus dan Mencegah Kecemasan

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, kamu pasti pernah merasakan ingin menikmati waktu sendiri. Yapss, ini namanya me time. Me time adalah suatu kegiatan meluangkan waktu untuk menyendiri atau menikmati kesendirian. Ternyata me time memiliki beberapa dampak positif buat mental terlebih untuk melatih fokus dan mencegah kecemasan bahkan depresi loh.

Sesekali seseorang disarankan untuk bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Bukan untuk menyendiri dan meratapi kesendirian dengan kesedihan, melainkan untuk mencintai dan menghargai diri sendiri dengan lebih baik lagi. Apa aja sih manfaat me time untuk kesehatan, terutama kesehatan mental? Cekidot!

1.Pikiran Lebih Fokus

Me time membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih fokus, terencana dan teliti.  Ketika kamu sering merasa sangat lelah tapi melupakan hal-hal sederhana, cobalah untuk mengambil waktu untuk me time sejenak. Cari tahu apa yang membuatmu terlalu lelah dan kenapa hal itu membuatmu sangat lelah. Dengan me time, kamu bisa berpikir lebih fokus dan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan hal-hal dan membuatmu lebih fokus.

2.Meredakan dan Mencegah Rasa Cemas

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam Personality and Social Psychology Bulletin pada tahun 2018, disebutkan bahwa me time bermanfaat meredakan dan mencegah rasa cemas berlebih. Para ahli menyebutkan jika me time dan menikmati kesendirian sejenak bermanfaat meredakan stres dan membuang pikiran negatif. Ini berkaitan dengan pikiran yang lebih fokus dan pemikiran yang lebih teliti. 

3.Belajar Mencintai Diri Sendiri

Dengan me time dan menghabiskan waktu sejenak untuk diri sendiri, kamu akan tahu betapa berharganya dirimu. Kamu akan menyadari bahwa sebelum kamu mencintai dan menghargai orang lain secara lebih, kamu penting mencintai dan menghargai diri sendiri secara lebih pula.

Nah, Itulah beberapa manfaat me time. Semoga informasi ini bermanfaat buat SoKeR, dan pastikan untuk memiliki waktu untuk me time sejenak, cintai dan hargai diri sendiri dengan lebih baik lagi. (*)

  • Bagikan