Dijamin Ampuh, Ini Lho Tips untuk Mengatasi Sariawan Secara Alami

  • Bagikan
canstockphoto.com

KEKER.FAJAR.CO.ID – Guys, sariawan pasti membuat kamu sulit untuk makan dan minum. Perihnya bikin nggak tahan. Tapi ada obat sariawan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi rasa nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka sariawan.

Yaps, penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat kamu sedang stres.

Nggak cuma itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Dilansir dari laman alodokter.com, berikut obat alami yang bisa mengatasi sariawan kamu. Cekidot!

1.Kumur dengan larutan garamBerkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, kamu juga bisa menggunakan baking soda.

2.Kompres dengan kantong teh chamomileChamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

  • Bagikan