4 Tips Agar Tidak Kecanduan Game Online

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID — Haloo sobat keker, di era digital seperti sekarang ini, game (kbbi; gim) online termasuk hiburan yang sangat digemari banyak orang. Sayangnya, tak sedikit malah kecanduan hingga melupakan hal-hal penting di sekitarnya loh. Mulai dari kesehatan fisik, pekerjaan, hingga tak mau bersosialisasi.Bermain gim memang tidak dilarang, tetapi jangan sampai kecanduan. Ada baiknya melakukan perbaikan demi mengatasi ketergantungan dengan gim online yang mungkin memiliki pengaruh buruk. Bagaimana cara mengatasinya, yuk, simak penjelasannya!

1. Batasi Waktu

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah kecanduan game online dengan membatasi waktu bermain. Jika kamu sering menghabiskan terlalu lama waktu bermain game, cobalah membuat jadwal bermain dan beri batas waktu bermain. Misalnya hanya satu jam per hari.Jadwal yang teratur setidaknya akan membantu kamu membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lain. Jika perlu, kamu bisa membuat catatan pengingat atau alarm di ponsel agar tidak terlalu lama bermain gim.

2. Cari Hobi Baru

Mengurangi obsesi terhadap gim yang sering dimainkan, kamu bisa mencoba beberapa hobi baru. Misalnya bermain alat musik, melukis, berolahraga, atau membaca buku. Aktivitas tersebut bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian kamu dari layar ponsel atau komputer.Tak hanya baik untuk mengurangi kecanduan gim online, aktivitas fisik atau olahraga rutin juga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit, serta mencegah dan meringankan masalah kesehatan karena terlalu sering bermain game, misalnya nyeri punggung.

3. Letakkan Perangkat di Luar Kamar

Kamar tidur sering kali menjadi tempat yang nyaman bermain game online. Jika sudah kecanduan, kamu mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga larut malam untuk bermain game di kamar. Hal ini tentu bisa mengganggu waktu tidur dan lama-kelamaan akan berdampak pada kondisi kesehatan kamu.Untuk mengatasi kecanduan game online, sebaiknya letakkan perangkat yang digunakan untuk bermain, seperti ponsel, komputer, atau konsol game, di luar kamar tidur. Dengan demikian, kamu dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekat kamu.

  • Bagikan