Intip Cara Penggunaan Retinol dengan Benar!

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai SoKeR!, perlu kamu ketahui bahwa Retinol adalah salah satu bentuk dari retinoid (Vitamin A) untuk perawaatan kecantikan kulit. Retinol memiliki banyak fungsi, mulai dari mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga memperlambat proses penuaan.

Seperti bahan aktif lainnya, retinol pun perlu digunakan sesuai aturan agar kulit bisa mendapatkan manfaatnya dan terhindar dari risiko iritasi.

Terdapat beberapa jenis retinol tergantung tingkat kekuatannya. Jenis retinol yang jauh lebih kuat seperti tretinoin dan tazarotene. Keduanya memerlukan resep karena pengaruhnya sangat kuat terhadap kulit. Efeknya memang muncul lebih cepat, tapi risiko terjadinya iritasi juga lebih besar. Apa pun jenis retinol yang kamu gunakan, pada dasarnya semua akan memberikan hasil pada kulit setelah pemakaian jangka panjang sesuai aturan. Kulit rata-rata mulai menunjukkan perkembangan setelah sedikitnya tiga bulan pemakaian produk.

Berbicara tentang pemakaian produk, sangat penting untuk mengatuhi cara menggunakan retinol dengan benar agar tidak berakibat fatal pada kulit wajah kamu. Berikut ini cara penggunaan retinol.

Gunakan secukupnya

Menggunakan retinol dengan secukupnya adalah cara pertama dan hal yang paling utama, hindari penggunaan retinol terlalu banyak atau dengan tingkat kekuatan yang terlalu tinggi. Penggunaan retinol harus diawali dengan tingkat kekuatan yang rendah, karena kulit perlu beradaptasi dengan retinol selama beberapa minggu agar dapat meningkatkan konsentrasi retinol secara bertahap. Penggunaan retinol secara berlebih dapat mengakibatkan iritasi pada kulit.

  • Bagikan