Menjadi Celah Untuk Kejahatan Siber, Ini Loh 5 Bahaya Oversharing di Media Sosial

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, kamu sering nggak sih memposting hal-hal penting di media sosial (medsos) kamu? Hati-hati guys, jangan sampai sharing berlebihan aka oversharing di medsos membuat celah kejahatan siber menghampiri kamu.

Yapps, media sosial merupakan wadah yang dapat digunakan oleh tiap individu untuk membagikan informasi melalui akun pribadinya. Namun, ternyata membagikan informasi seperti mengunggah foto, menandai lokasi rumah, menceritakan pekerjaan, atau mengumbar masalah orang lain dapat mengakibatkan hal buruk.

Pasalnya, jika kamu terlalu sering membagikan informasi atau oversharing dapat memicu terjadinya kejahatan. Biasanya oversharing terjadi karena seseorang sedang merasa kesepian, sehingga membutuhkan perhatian dari media sosial.

Meskipun begitu, jejak digital sulit untuk dihapus, sehingga kamu harus berhati-hati jika ingin membagikan informasi di media sosial. Dilansir dari laman beautynesia, berikut 5 risiko dan bahaya yang harus kamu ketahui jika kamu melakukan oversharing di media sosial. Let’s check it out!

1.Dapat Terjadi Kejahatan Siber

Ketika kamu melakukan oversharing atau membagikan informasi mengenai data pribadi secara berlebihan, maka akan membuka peluang terjadinya kejahatan siber. Data pribadimu bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bahkan modus yang terjadi semakin hari juga semakin canggih, seperti ada fitur ‘add yours’ di Instagram. Fitur ini berbentuk pertanyaan yang dapat dibalas oleh siapapun melalui Instagram Stories. Bahkan fitur ini banyak disalahgunakan karena berisi pertanyaan, seperti nama panggilan, kota tempat tinggal, bahkan nama anggota keluarga.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu mudah untuk mengikuti tren yang ada ataupun membagikan informasi penting yang berkaitan dengan identitas diri atau informasi pribadi, karena hal ini dapat membuat data pribadimu dapat digunakan oleh orang lain.

2.Berkurangnya Produktivitas

Penggunaan media sosial yang terlalu berlebihan dapat mengurangi produktivitas seseorang. Jika hal ini sudah menjadi candu, maka seseorang akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinteraksi di media sosial, bukan di kehidupan nyata.

Bahkan hal ini juga dapat mengganggu waktu tidur dan konsentrasi dapat menurun, sehingga dapat mengganggu aktivitas yang akan kamu lakukan. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi penggunaan media sosial yang berlebihan ya!

  • Bagikan