5 Tips Menahan Diri Supaya Kamu Tidak Overthinking, Hidup Jadi Nyaman

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo Sobat KeKeR, apakah kamu termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan? Ini bisa jadi tanda bahwa kamu seorang yang overthinking. Sikap seperti ini mungkin baik karena kamu memikirikan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak. Akan tetapi, di lain sisi sikap ini juga bisa merugikan kamu loh.

Yapss, overthinking membuat kamu terlalu lama untuk berpikir, sehingga tenaga menjadi terkuras dan tindakan tidak banyak dilakukan. Jadinya membuat waktu kamu jadi terbuang sia-sia. Pada akhirnya, overthinking bisa membuat kamu mengalami kecemasan dan kehilangan kedamaian dalam diri.

Dihantui pikiran tentang sesuatu memang nggak nyaman. Kamu cuma membatasi diri untuk melangkah ke depan. Makanya, mulai sekarang stop overthinking. Mulailah untuk lebih banyak take action.

Melansir dari laman hellosehat.com, 5 cara berikut ini bisa membantu kamu menghilangkan sikap overthinking. Cekidot!

1.Cari tahu pemicunya

Overthinking cenderung membuat orang melakukan pemikiran berulang pada masalah, yang kadang tidak berorientasi dengan pemecahan masalah. Bukannya efektif, sikap seperti ini malah akan membuat diri sendiri menjadi sulit untuk mengambil keputusan.

Nah, pada beberapa orang, overthinking muncul ketika menghadapi masalah-masalah tertentu. Pemicu sikap berlebihan dalam berpikir ini harus kamu cari tahu. Tujuannya, agar kamu lebih waspada sehingga bisa membatasi diri untuk tidak overthinking pada masalah tersebut.

Guna mengetahui pemicu dari sikap ini, kamu harus meningkatkan kesadaran diri. Kamu mungkin perlu merenungkan masalah atau situasi seperti apa yang memengaruhi suasana hati dan membuat kamu jadi berpikir lebih banyak. Setelah itu, buat catatan sebagai pengingat diri bahwa kamu harus lebih waspada untuk tidak overthinking ketika mengalami situasi yang sama di kemudian hari.

2.Buat diri kamu terdistraksi dari pemicu

Cara terbaik untuk mengatasi overthinking adalah dengan mengalihkan otak pada tugas-tugas lain yang tidak memusingkan. Ini bertujuan agar otak tidak fokus pada pemicu dankamu bisa mengerem diri dari sikap overthinking. Cobalah untuk menghentikan pemikiran berlebihan dengan bergegas melakukan aktivitas yang kamu sukai.

Kamu bisa menulis segala sesuatu yang ada di pikiran kamu ke dalam secarik kertas, melakukan aktivitas yang disukai, mulai dari memasak, melukis, memutuskan untuk olahraga, dan meditasi.

  • Bagikan