Ini Loh 5 Tips Mudah Menulis Novel Untuk Pemula

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hello SoKeR! Tahukah kamu jika menulis adalah cara berkomunikasi yang cukup nyaman bagi sebahagian orang. Apalagi bagi kamu yang sejak kecil sudah terbiasa mengabadikan memori melalui buku harian atau menuangkan isi pikiran pada secarik kertas.

Berawal dari iseng dan sekadar curhatan ala kadarnya, jika dilakukan secara rutin, perlahan, tulisanmu pun dapat dinikmati beberapa temanmu. Kamu pun semakin rajin menulis karena merasa diapresiasi.

Percaya atau tidak, kalau kebiasaan ini dapat membawamu pada ruang kontemplasi dan dunia khayalan tanpa batas? Agar kemampuan ini terus berkembang dan bisa dinikmati lebih banyak orang, yuk naik tingkat dengan mencoba menulis novel! Yukk simak 5 tips mudah menulis novel bagi pemula.

Angkat Kisah Sendiri atau Orang Terdekat

Agar memudahkan kamu dalam menulis, buatlah alur cerita yang terinspirasi dari kisahmu sendiri atau kisah orang-orang di sekitarmu. Pilih kisah yang paling memorable, unik, serta patut untuk diangkat menjadi cerita novel. Dengan begitu, kamu tidak terlalu kesulitan dalam menentukan serta menyusun jalan ceritanya.

Tulis Genre yang Disukai

Kamu pasti punya genre novel favorit, kan? Nah, kamu bisa mulai menulis ceritamu sendiri dengan genre novel yang disukai tersebut. Imajinasi yang keluar dari dalam dirimu akan semakin maksimal. Cerita-cerita yang diangkat juga akan menjadi hidup dan enak dibaca.

Jalan Cerita yang Ringan

Mengawali tulisan, lebih baik menggunakan jalan cerita yang ringan alias tidak berbelit-belit seperti mengangkat konflik yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Asal kamu bisa menulisnya dengan bahasa yang bagus serta alur yang runtut, pasti tulisanmu enak dibaca.

Daripada menggunakan alur yang kompleks, tetapi kamu sendiri bingung bagaimana menyelesaikan cerita yang sudah kamu ciptakan.

  • Bagikan