Hati-Hati, 7 Hal ini Bisa Membuat Kamu Mengalami Penuaan Dini

  • Bagikan
osc.medcom.id

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hola Sobat KeKeR, perkara kecil bikin kamu marah besar? Dikit-dikit marah, dikit-dikit emosi. Jangan gitu dong. Hati-hati lho, kamu bisa ngalamin penuaan dini alias boros muka.

Selain karena hobi marah, eitsss marah kok dijadiin hobi. Penyebab remaja mengalami penuaan dini karena makan tidak teratur, sering begadang (insomnia), stres yang berlebihan karena galau akibat belum move on dari gebetan.

Dilansir dari laman suara, KeKeR merrangkum 7 hal yang harus kamu hindari jika tidak ingin mengalami penuaan dini. Cekidot!!!

1.Terpapar Sinar Matahari

Indonesia menjadi negara dengan dengan musim panas yang cukup dominan, maka penting untuk menjaga kulit dari terkena sinar matahari. Penelitian mencatat sekitar 70 persen proses penuaan kulit tergantung pada jumlah paparan sinar matahari ke kulit. Hal ini terjadi lantaran radiasi matahari mempercepat penghancuran kolagen melalui proses oksidasi.

Proses oksidasi itu juga menghancurkan materi genetik pada kulit. Proses ini juga menyebabkan munculnya kulit kasar, tipis dan keriput. Dalam jangka waktu yang lama, kulit dapat menjadi kering dan sensitif.

2.Merokok dan Alkohol

Percepatan penuaan ini terjadi karena pada perokok vitamin C yang baik untuk kulit berkurang di dalam darah. Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan pada tekstur dan warna kulit. Alkohol juga membuat munculnya kapiler dan kemerahan pada pipi.

3.Konsumsi Karbohidrat

Pola makan yang tak bergizi juga berdampak buruk untuk kulit. Terlalu banyak konsumsi gula dan makanan manis dapar membuat kulit kaku dan kehilangan elastisitas. Kekurangan protein serta nutrisi dari buah-buahan dan sayuran juga tak baik untuk perkembangan kulit. Protein penting untuk produksi kolagen dan serat elastis yang membuat kulit tampak segar. Sedangkan buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat memperlambat proses penuaan kulit wajah.

  • Bagikan