Jangan Gengsi Mengucapkan Terima Kasih Tolong dan Maaf

  • Bagikan
MUHAMMAD ARFANDY/FAJAR

“Kata-kata tersebut sangat penting dalam memperkuat interaksi dengan orang lain karena membuat lawan bicara merasa dihargai keberadaannya. Terkadang kata-kata tersebut sulit untuk di ucapkan, karena tidak terbiasa mengucapkannya. Percaya diri bahwa tindakan positif yang kita lakukan pasti tidak akan menimbulkan masalah, ” jelas Alif.

Dosen Fakultas Psikologi UNM, Astiti Tenriawaru Ahmad, SPsi, MPsi, mengatakan kalau seseorang kesulitan untuk mengungkapkan maaf, tolong, dan terima kasih itu dikarenakan ketidakterbiasaan mereka berekspresi dengan hal tersebut. “Kebiasaan ini seharusnya diajarkan sejak dini, gimana orang tuanya membiasakan hal tersebut sehingga sang anak juga lebih mudah untuk mengungkapkan, karena dia sudah terbiasa mendengar dan mengucapkan hal tersebut, ” ungkap Asititi.

Nah Soker, kata maaf, tolong dan terima kasih sangat sederhana untuk diungkap namun sangat bermakna besar kepada orang yang menerimanya. Mood dan hari-harimu akan lebih sempurna dengan hadirnya kata-kata tersebut. (*)

  • Bagikan