5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Pancaroba

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Melihat kondisi pada saat pancaroba sangat diperlukan adanya perhatian khusus terhadap kesehatan pada tubuh, kondisi tubuh sangat berpengaruh terhadap aktivitas keseharian kita. Lahirnya produktifitas yang baik ketika kita dalam keadaan daya tahan tubuh stabil.

Dalam menjaga kestabilan kesehatan daya tahan tubuh tentu perlu adanya langkah upaya pencegahan hal-hal yang mengancam kondisi daya tahan tubuh menurun. Berikut cara menjaga daya tahan tubuh saat pancaroba di lansir dari laman halodoc.com.

1.Jangan Lupa Cukup Minum

Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus menjaga konsumsi cairan harian. Jangan sampai kamu kurang cairan, karena akan membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi. Tetap minum sebanyak delapan gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung.

2.Cukup Tidur

Menurut Harvard Health, salah satu cara yang paling tepat agar tubuh tetap sehat adalah cukup tidur. Itu berarti kamu harus tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam. Saat kamu tidur, tubuh akan menggunakan waktu itu untuk melakukan pemulihan kritis dan perbaikan fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang tidak cukup tidur selama satu malam saja dapat berkurang kekebalannya hingga 70 persen.

3.Kelola Stres dengan Baik

Stres juga dapat membuat perbedaan besar bagi sistem kekebalan tubuh, terutama ketika ada peristiwa yang mengkhawatirkan atau ketidakpastian yang terjadi di dunia sekitar. Coba lakukan hal-hal yang bisa buat kamu rileks, seperti membaca, meditasi, yoga, mendengarkan musik, makan makanan yang kamu suka, menonton, bermain dengan hewan peliharaan atau bermesraan dengan pasangan.

  • Bagikan