5 Tips Mengelolah Sampah dan Limbah

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo gaiss, istilah sampah mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Hal pertama yang terlintas adalah tumpukan sisa-sisa makanan atau limbah yang menimbulkan aroma tak sedap dan tidak enak dipandang oleh mata serta tidak berguna lagi.Pada dasarnya sampah adalah sisa-sisa benda atau barang yang tidak dibutuhkan lagi setelah proses pemakaian. Nah, kita bisa mengelolah sampah dan limbah menjadi sesuatu yang berguna lho.

1.Pembuatan Kertas Daur Ulang

Kertas yang sudah tidak dipakai bisa didaur ulang kembali untuk dijadikan kertas yang memilki tampilan lebih bagus, caranya sangat mudah dan semua orang pasti bisa melakukannya.Tinggal merendam kertas bekas di dalam air dan kemudian dicampur dengan pewarna alami seperti kunyit, sirih, pandan wangi dan lain sebagainya.Campuran ini akan menghasilkan kertas berbagi warna dan siap untuk digunakan, baik untuk kesenian atau hanya sekedar media menulis.

2.Kerajinan dari Koran Bekas

Koran merupakan salah satu limbah terbanyak dalam kehidupan manusia, karena setiap hari informasi dan berita selalu berubah-ubah, otomatis koran juga harus mengikuti hal tersebut, sehingga koran menjadi salah satu bahan yang bersifat sekali pakai. Untuk mengurangi jumlah koran bekas kita bisa memanfaatkannya untuk sebuah kerajinan.

3.Kerajinan dari Kaleng Bekas atau Gelas

  • Bagikan