5 Tips Membuat Cerpen Menarik Bagi Pemula, Tidak Sulit

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Haallooow SoKeR, kebanyakan dari kalian pasti ragu membuat cerpen. Dalam benakmu muncul kebiasaan sulit menjadi penulis cerita yang andal. Tidak seperti itu, guys. Membuat cerpen tidaklah sulit.

Meski bukan penulis cerpen, kamu bisa membuatnya dengan kualitas yang bagus. Tidak usah berlama-lama, yuk simak tips-nya.

1.Sisihkan Waktu

Paling pertama untuk membuat cerita pendek bagi pemula adalah menyisihkan waktu selama 10 jam hingga 20 jam. Waktu ini merupakan akumulasi dari hal yang biasa kamu gunakan untuk menghasilkan karya cerpen. Mulai dari penemuan ide hingga penyusunan tulisan.

2.Ide

Tips kedua membuat cerpen yaitu ide. Ide yang digunakan tidak harus menggambarkan cerita yang rumit. Khusus bagi pemula, cukup menulis cerita pendek. Bisa dengan fokus pada bagaimana menampilkan cerita yang baik dan ide cerita yang ringan terlebih dahulu.

3.Tulis dengan Gaya Sendiri

Menulis cerpen bagi pemula adalah tulislah dengan gaya bahasa sendiri. Maksudnya, menulis dengan kemampuan yang kamu miliki sendiri. Tidak perlu berusaha untuk menjadi orang lain dalam menghasilkan tulisan. Jadilah diri sendiri.

4.Tema Menarik

  • Bagikan