5 Tips Membuat Cerpen Menarik Bagi Pemula, Tidak Sulit

  • Bagikan
freepik

Tema pada penulisan cerpen dibutuhkan untuk menentukan ide pokok atau gagasan pokok dalam sebuah cerita. Penggunaan tema bisa mempermudah kamu dalam membuat alur cerita. Jika diibaratkan dengan sebuah bangunan, tema sama halnya dengan pondasi bangunan.

Tidak mungkin kan kamu mendirikan rumah tanpa membuat pondasinya terlebih dahulu.

5.Alur dan Plot

Selanjutnya dalam menulis cerpen yang mudah bagi pemula yaitu membuat alur dan plot. Alur dan plot perlu dipikirkan sebelum kamu melangkah jauh dalam menghasilkan sebuah tulisan. Alur dan plot dalam cerita digunakan untuk menggerakkan cerita untuk mencapai maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Sepenggal masukan, cerpen merupakan karangan atau cerita fiktif maupun non-fiktif yang disusun menggunakan 500 kata hingga 30.000 kata. Selain itu, perbedaan antara cerpen dan novel juga terdapat pada alur cerita.

Alur cerita pendek lebih ringkas dibandingkan dengan novel. Cerita pendek lebih mengutamakan poin-poin peristiwa yang akan disampaikan sehingga lebih to the point pada alur cerita yang dihasilkan.

Nah SoKeR, itu dia tips untuk membuat cerpen bagi pemula. Yuk, coba buat latihan siapa tau itu akan menjadi bakat tersendirimu. (*)

  • Bagikan