7 Tips Presentasi yang Baik dan Efektif Agar Tidak Membosankan

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, sebagai pelajar tentunya kamu sering dihadapkan dengan presentasi. Presentasi itu sendiri merupakan kegiatan berkomunikasi di depan orang banyak untuk menyampaikan ide, gagasan atau materi. Saat melakukan presentasi, kamu perlu menyampaikan materi dengan baik agar orang-orang yang mendengar tertarik dan dapat memahami materi yang kamu bawakan.

Nah, berikut ini 7 tips presentasi yang baik dan efektif agar tidak membosankan yang dilansir dari Liputan6.com. Yuk disimak!

1. Percaya Diri

Cara memulai presentasi yang baik adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri kamu untuk berbicara di depan orang banyak. Salah satu penyebab presentasi gagal adalah ketika kamu malu dan grogi. Ketika kamu terlihat percaya diri, orang-orang akan yakin dengan materi yang kamu bawakan. Hal ini dapat menjadi kesan awal yang baik bagi kamu dalam melakukan presentasi.

2. Antusiasme

Saat melakukan presentasi, tunjukkan rasa semangat dan antusiasme terhadap materi yang kamu bawakan. Usahakan untuk tidak terlihat lemas dan bermalas-malasan. Ketika kamu terlihat loyo dan tidak semangat saat presentasi, maka audiens yang mendengar pun akan ikut tidak semangat.

3. Simulasi

Lakukan simulasi atau latihan sebelum membawakan materi presentasi. Sering berlatih dapat membantu kamu menguasai cara membawakan materi presentasi kamu, baik itu intonasi suara hingga ekspresi wajah. Cara berlatih yang dapat kamu lakukan yaitu berlatih di depan cermin.

4. Kontak Mata

  • Bagikan