10 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Jurusan di Sebuah Perguruan Tinggi

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, Wwaahh nggak kerasa yah, kamu yang sudah kelas 3 SMA sebentar lagi bakalan lulus nih. udah mulai pusing yah mikirin mau lanjut dimana, ambil jurusan apa?

Kenyamanan dan kelancaran kamu di kampus, tergantung jurusan yang kamu pilih lo SoKeR. Kok bisa? Karena kalau kamu asal milih jurusan, kamu bakalan ngerasa nggak nyaman, kesusahan dan merasa tidak sesuai dengan minat atau skill kamu, jadinya bakalan malas-malasan deh kuliahnya.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut tips yang di kutip dari id.prosple.com untuk Sobat Keker sebelum memilih jurusan di salah satu perguruan tinggi, yuukk simak!

1.Cari Tahu Passion Kamu

Melansir dari Katadata, passion merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu secara antusias. Lantas, apakah kamu sudah menemukan passion?

Jika belum, coba diingat-ingat lagi aktivitas apa yang paling sering dikerjakan namun tidak pernah bosan dan selalu bersemangat untuk menyelesaikannya.

Misalnya jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan bidang fotografi, menggambar, dan menuangkan ide-ide kreatif, kamu bisa memilih jurusan-jurusan yang relate di bidangnya seperti jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), jurusan penyiaran (broadcasting), desain grafis, dan lain sebagainya.

2.Ikut Tes Minat dan Bakat

Tes minat dan bakat merupakan cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

Saat ini sudah banyak berbagai tes minat dan bakat yang tersebar di internet. Jika ingin mendapatkan jawaban yang akurat, pilihlah tes minat dan bakat yang dilaksanakan oleh seorang ahli di bidangnya misalnya seperti psikolog.

3.Gali Passion

Setelah mengetahui passion-mu apa, kini saatnya kamu menggalinya! Berbagai cara yang bisa kamu lakukan seperti bergabung dalam komunitas, belajar otodidak, maupun mengikuti seminar online bisa membantumu menggali passion lebih dalam, loh!

Dengan menggali passion selama bersekolah tentunya kamu sudah memiliki ketertarikan di bidang tertentu, kan? Hal ini bisa sangat memudahkanmu untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai.

4.Riset Jurusan dan Perguruan Tinggi

Ketahui sebanyak-banyaknya berbagai jurusan kuliah yang ada. Selain itu, kamu juga bisa menggali informasi lebih banyak mengenai apa saja yang dipelajari dalam jurusan kuliah tersebut dan prospek kerjanya.

Dengan demikian kamu setidaknya sudah bisa membandingkan di antara berbagai macam jurusan kuliah yang ada, apa saja jurusan yang paling cocok denganmu.

Setelah riset jurusan dan sudah memiliki daftar jurusan kuliah yang sekiranya cocok untukmu, jangan lupa juga untuk mengetahui universitas apa saja yang menyediakan jurusan pilihanmu.

5.Fokus Pada Pilihan Jurusan

Setelah mengetahui passion kamu di mana dan juga sudah eksplor berbagai pilihan jurusan kuliah, Cobalah untuk memfokuskan atau mengerucutkan pilihan jurusan yang sudah kamu ambil agar tidak kebingungan lagi.

  • Bagikan