6 Tips Meningkatkan Kualitas Tidur, Buat Rutinitas

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR! Sudahkah kamu tidur hari ini? Tidur merupakan salah satu kebutuhan paling penting bagi tubuh. Hampir sepertiga dari hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Faktanya, bukan hanya sekedar beristirahat, tidur juga merupakan salah satu waktu dimana tubuh bekerja secara aktif untuk memperbarui kondisi fisik dan mental.

Lama tidur masing-masing orang berbeda-beda, namun rata-rata tidur yang cukup adalah sekitar 7-8 jam. Memiliki jam tidur yang cukup itu banyak manfaatnya, SoKeR. Misalnya, kalau kamu lagi sumpek dan lelah beraktifitas, dengan tidur, suasana hatimu dapat diperbaiki, daya ingat dan daya berfikir juga meningkat. Selain itu, manfaat lain dari tidur cukup adalah dapat menjaga metabolisme tubuh, bahkan meningkatkan kekebalan kita loh.

Namun, itu semua tidak hanya berpacu pada berapa lama kita tidur. Yang tidak kalah penting adalah, bagaimana sih kualitas tidur kita? Untuk benar-benar merefresh tubuh, kita butuh kuantitas dan kualitas. Kalau SoKeR merasa susah tidur setiap malam, atau merasa tidurnya tidak nyenyak, simak tips meningkatkan kualitas tidur di bawah ini ya!

1.Perhatikan Makanan Kamu Sebelum Tidur

SoKeR, sangat tidak disarankan untuk tidur dalam keadaan lapar ya. Tetapi, usahakan untuk memberikan jarak yang signifikan antara jam makan dan jam tidurmu. CDC (Pusat Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat) tidak menyarankan kamu untuk makan malam terlalu mepet dengan waktu tidur.

2.Makanan berat yang berminyak, pedas, berlemak, asam, maupun berlemak

Jarak yang bagus antara makan dan tidur adalah 4 jam, agar lambungmu berada di kondisi rileks ketika tidur. Selain itu, jangan terlalu sering minum air putih menjelang tidur. Hal itu hanya akan membuat kamu terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidurmu. Minuman dengan kandungan kafein juga tidak disarankan karena dapat menghilangkan rasa ngantuk.

3.Buat Kamar Tidur yang Nyaman

Tempat tidur yang nyaman tentu saja akan sangat membantu kualitas tidur kamu. Kamar yang ideal untuk tidur adalah kamar sejuk, dengan penerangan remang-remang dan suasana yang tenang. Dengan pencahayaan yang minim dan suhu rendah, hormon melatonin yang memicu ngantuk akan dilepaskan oleh otak lebih banyak.

Sebaliknya, tidur di tempat yang terang, berisik dan gerah akan memicu otak layaknya di siang hari. Oleh karena itu, jika SoKeR ingin merilekskan tubuh dan pikiran, pastikan tidak ada distraksi dari manapun yang dapat menggangu ketenangan kamu yaa.

  • Bagikan