Hati-hati! Toxic Positivity Bisa Memberikan Efek Negatif Untuk Kamu

  • Bagikan
popbela.com

“Kamu harus banyak bersyukur akan hal tersebut, …” dan sebagainya.

Penyangkalan demi penyangkalan terus dilakukan yang akhirnya dapat menjadi pemicu stres dan gangguan psikis hingga fisik. Beberapa dampak buruk juga dapat terjadi akibat toxic positivity. Berikut beberapa dampaknya:

1.Kebingungan pada Emosi Sendiri

Seseorang yang terus fokus pada toxic positivity pada akhirnya dapat mengalami kebingungan oleh emosi yang timbul di dirinya. Gangguan tersebut dapat membuat pengidapnya tidak berpikir secara realistis. Jika terus dibiarkan, rasa kebingungan akan sesuatu yang dihadapi dapat timbul, sehingga sulit untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Pada akhirnya, rasa stres semakin bertambah dan menunggu untuk meledak.

2.Sulit Menggambarkan Perasaan

Orang yang sangat percaya pada toxic positivity akan sulit menggambarkan perasaan negatif pada dirinya. Sehingga, dia tidak dapat mengeluarkan rasa marah dan kesal terhadap suatu hal. Hal tersebut mengakibatkan orang di sekitar tidak tahu masalah yang dirasakan dan terus beranggapan jika semua baik-baik saja. Jika sudah seperti ini, ada baiknya untuk mendapatkan penanganan dari psikolog.

Jika kamu sedang mengalami ini, ada baiknya untuk memutus rantai masalah tersebut. Apabila terus dibiarkan, masalah yang lebih besar akan terjadi dan kamu semakin tidak dapat mengendalikan diri. Saat kamu merasakan diri terlalu positif, cobalah untuk berdiskusi dengan psikolog dari Halodoc untuk mendapatkan saran agar lebih baik. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu! (*)

  • Bagikan