Ini Loh 5 Bahan Untuk Membuat Pupuk di Rumah

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Membuat pupuk organik sebenarnya sangatlah mudah. Kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah, terlebih jika kamu punya hobi berkebun di halaman atau pekarangan rumah. Pupuk organik buatan sendiri itu bisa digunakan untuk menyuburkan koleksi tanaman kamu.

Berikut 5 bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat pupuk di rumah. Cekidot!

1.Manfaatkan Sampah Dapur

Cara membuat pupuk organik yang pertama adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa dapur. Bisa sisa sayuran, buah-buahan, atau bahan makanan lainnya. Jangan dibuang begitu saja. Sampah sisa dapur merupakan bahan-bahan organik yang mengandung nitrogen, kalium, dan nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang sangat tinggi. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan untukproses tumbuh kembang tanaman di kebun rumah.

2.Potongan Rumput

Tahukah kamu, bahwa potongan rumput yang selama ini disangka sebagai pengganggu tanaman ternyata juga bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna, seperti pupuk. Potong rumput-rumput di kebun, untuk kemudian diolah menjadi pupuk. Potongan rumput dapat menjadi mulsa pemblokiran gulma yang hebat, dan juga kaya akannitrogen, sebuah nutrisi penting bagi sebagian besar tanaman.

3.Bubuk Kopi

  • Bagikan