Apa Perbedaan Pintar dan Cerdas? Yuk Simak Penjelasannya

  • Bagikan
Asian woman at home using a laptop

KEKER.FAJAR.CO.ID – Hai Sobat KeKeR, sering kali kita dibuat bingung dengan istilah pintar dan cerdas, kedua sifat ini sebenarnya hampir mirip, namun keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup jelas, sehingga orang yang pintar belum tentu cerdas, begitu pula sebaliknya orang cerdas belum tentu pintar.

Kedua sifat ini dapat menunjukkan kualitas diri seseorang. Terkadang kita akan menyadari perbedaan kepintaran dan kecerdasan seseorang setelah berteman dengan orang tersebut dalam kurun waktu yang lama.

Namun, memang seharusnya kita perlu mengenali sifat seseorang lebih dalam, sebelum berasumsi tentang sifat seseorang agar tidak keliru. Yuk ketahui apa saja perbedaan pintar dan cerdas. Cekidot!

Definisi Pintar

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, pintar memiliki arti yang sama dengan pandai, mahir dan cakap. Sehingga orang yang pintar akan sangat pandai, mahir dan cakap dalam melakukan segala sesuatu yang sudah dipelajari.

Sifat pintar ini didapatkan setelah seseorang terus menerus mengasah kepintarannya dengan tetap terus belajar.Kepintaran bisa didapatkan seiring berkembangnya waktu, dan seberapa lama seseorang mendalami sebuah ilmu pengetahuan. Orang pintar membutuhkan waktu untuk memahami suatu hal, sehingga bisa memproses sebuah jawaban dan keputusan.

Definisi Cerdas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerdas memiliki arti tajam pikirannya, dan sempurna perkembangan akal budinya. Orang cerdas sangat cepat daya tangkapnya. Sehingga orang cerdas sering kali disamakan dengan orang yang kreatif dan jenius.

Dalam memutuskan suatu hal dan menjawab sebuah pertanyaan, orang cerdas akan menggunakan logika berpikir secara cepat. Sehingga orang cerdas bisa menguasai banyak bidang. Kecerdasan ini merupakan sifat lahiriah, yang didapatkan sejak lahir. Kecerdasan juga bisa didapatkan karena warisan genetik dari keluarga.

  • Bagikan