Ini 4 Cara Mencegah Penyakit Diabates Melitus Di Usia Muda

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo SoKeR, di usia muda kebanyakan orang cenderung mempunyai pola makan yang tidak sehat. Sebagai contoh, banyak anak muda yang lebih menyukai fast food dan makanan-makanan manis seperti donat, kue, hingga minuman boba dibandingkan mengkonsumsi makanan sehat. Jika kebiasaan tersebut tidak diubah, kamu bisa menderita diabetes melitus di usia muda loh.

Diabetes melitus adalah penyakit yang dapat menyerang semua golongan usia, termasuk anak muda. Kondisi ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes melitus tipe 1 terjadi karena penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas tidak dapat memproduksi insulin.  Sementara, diabetes melitus tipe 2 muncul sebagai efek dari pola makan tidak sehat karena tidak bisa mengontrol asupan gula yang masuk dalam tubuh.

Gejala yang ditimbulkan keduanya hampir sama, seperti sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan, dan penglihatan kabur.

Sayang sekali bila di usia muda atau usia produktif, kamu malah terkena penyakit diabetes yang mengharuskan kamu mengonsumsi obat-obatan dan membatasi aktivitasmu demi mengontrol gula darah agar tidak berlebih. Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan, dengan cara berikut ini ya.

Melansir dari hellosehat.com, terdapat 4 tindakan yang dapat dilakukan guna mencegah penyakit  diabates melitus di usia muda.

1.Mempertahankan berat badan ideal

Obesitas merupakan salah satu faktor utama kalangan usia muda berisiko terkena diabetes tipe 2. Jika Kamu merasa berat badan kamu berlebih, kamu bisa mengurangi berat badan guna mengurangi risiko diabetes ya.

Menjaga pola makan sehat dengan menjalani diet kalori dan rendah lemak sangat dianjurkan untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah diabetes.

2.Banyak makan buah dan sayur

  • Bagikan