Inovasi Duta Remaja Sehat Oleh Nusantara Sehat Team Batch XVII dalam Pencegahan Stunting Dini di Tana Toraja

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Nusantara Sehat Team Batch XVII mengadakan kegiatan Inovasi Duta Remaja Sehat bekerja sama dengan aparat Kecamatan, Lembang, Kelurahan, dan guru mengenai pencegahan stunting dini di Tana Toraja.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Bapak Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) dan penerapan pola hidup sehat harus sudah mulai digalakkan sejak anak menginjak usia remaja untuk mencegah anak terlahir Stunting.

Evaluasi jumlah minum tablet tambah darah pada Remaja Putri di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Lekke’ Kecamatan Simbuang tahun 2021 tergolong masih kurang sekitar 40% karena faktor remaja putri yang tidak suka dengan bau tabletnya dan sering lupa untuk minum.

Charles Patrick Maliando Nely, S.Tr. Gz selaku petugas Gizi dari UPT Puskesmas Lekke’ mencanangkan program Inovasi bekerja sama dengan Lintas Sektor untuk mencegah Stunting mulai dari Hulu dengan memberikan Apresiasi berupa selempang, piagam penghargaan, uang tunai dan pemasangan spanduk di sepanjang jalan kepada remaja putri usia 12-18 tahun yang rajin minum tablet tambah darah dan menjaga berat badan normal untuk menjadi Duta Remaja Sehat di Setiap Lembang dan Kelurahan Kecamatan Simbuang Kabupaten Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan.”Diharapkan dengan Program Ini tahun-tahun berikutnya Stunting sedikit demi sedikit mulai menurun dengan calon ibu yang sudah dipersiapkan baik sebelumnya,” kata Charles.

Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi Remaja Putri di Kecamatan Simbuang agar rajin minum Tablet Tambah Darah dibuktikan dengan Kartu Kontrol, Video, dan Bungkusan Tablet jika diminum dirumah.

  • Bagikan

Exit mobile version