4 Cara Ini Bisa Membersihkan Komedo dengan Mudah dan Aman

  • Bagikan
freepik

KEKER.FAJAR.CO.ID – Yuhuuu Soker, siapa sih yang pengen banget mengempaskan komedo? pengen wajah shining shimmering splendid, tapi komedo jadi pengganggu. Komedo memang salah satu permasalahan kulit wajah yang dialami banyak orang.

Komedo nggak cuma sering dimiliki oleh tipe kulit berminyak, namun tipe kulit wajah apapun dapat mengalaminya. Nah, salah satu cara untuk membersihkan komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi. Biasanya, bentuk eksfoliasi yang paling mudah dan terlihat hasilnya dengan instan dengan menggunakan scrub wajah. Tapi, saat ini penggunaan scrub wajah dinilai tidak aman untuk kulit.

Melansir dari laman beautynesia yang mengutip beberapa sumber, berikut cara membersihkan komedo dengan mudah aman tanpa menggunakan scrub wajah. Cekidot!

1.Melakukan Double Cleansing

Melansir dari laman Medical News Today, membersihkan wajah setiap hari penting untuk mengurangi produksi minyak berlebih, membersihkan kotoran, ataupun bahan lain yang dapat menyumbat pori-pori. Pembersih wajah ternyata hanya membersihkan permukaan wajah saja, tidak sampai ke dalam pori-pori dan biasanya kurang optimal membersihkan sisa makeup.

Makanya, double cleansing sangat disarankan untuk dilakukan. Terutama untuk Soker yang sering menggunakan makeup, membersihkan wajah dengan metode double cleansing bisa membersihkan makeup dengan optimal, sehingga tidak menyumbat pori-pori yang dapat memicu komedo dan jerawat.

2.Menggunakan Kandungan Retinol

Retinol tidak hanya memiliki fungsi sebagai anti-aging atau mengatasi tanda-tanda penuaan di kulit wajah. Retinol juga dapat membersihkan komedo dan pori-pori yang tersumbat dengan cara mempercepat proses regenerasi sel kulit. Demikian yang dilansir dari laman Healthline.

Bagi pemula, sebaiknya menggunakan retinol dengan persentase yang rendah atau di bawah satu persen. Jika sudah terbiasa, pemakaian retinol bisa ditingkatkan persentase atau rutinitas pemakaian dapat ditingkatkan.

  • Bagikan