Merusak Kehidupan, Ini 7 Kerugian yang Kamu Alami Jika Berada dalam Toxic Relationship

  • Bagikan

4.Kamu akan Mulai Terbiasa dengan Pola Buruk dari Hubungan Toxic

Tetap berada dalam sebuah hubungan toxic dapat membantu kamu menjadi lebih nyaman dengan jenis situasi semacam ini, lho. Bagaimana tidak? Alam bawah sadar kamu akan belajar untuk membentuk pola dan pemikiran salah yang sangat sulit dipatahkan! Biasanya, kamu justru akan merasa aneh atau asing ketika berada dalam hubungan yang sehat.

5.Kesehatan Fisikmu Jadi Terganggu

Hubungan yang buruk tidak akan menghasilkan apa-apa selain membuatmu stres. Padahal, stres sendiri sangatlah berpengaruh pada kesehatan fisik, lho. Percayalah, sistem kekebalan tubuhmu akan sulit berfungsi dengan baik ketika kondisi psikis kamu tertekan. Kamu akan merasakan sakit yang mungkin belum pernah kamu alami sebelum berada dalam hubungan toxic.

6.Kehilangan Diri Sendiri

Stres dan kekacauan yang diakibatkan oleh hubungan toxic dapat memunculkan perilaku dalam diri yang mungkin nggak kamu sukai. Misalnya, kamu berubah menjadi nggak percaya diri, meledak-ledak dan sensitif, atau merokok untuk mengelola stres. Kamu akan terus-menerus berada di bawah awan gelap. Menyedihkan sekali, ya. Untuk itu, segera ambil langkah pasti dan atasi dampak buruk lainnya yang mungkin terjadi.

7.Membuat Harapanmu akan Masa Depan Menjadi Pupus Seutuhnya

Hubungan toxic dapat menghalangi harapan kamu untuk menemukan hubungan yang lebih baik. Pasangan yang buruk dapat membuatmu percaya bahwa nggak ada hubungan yang nyata dan penuh kasih. Ketika itu semua terjadi, kamu akan kehilangan arah dan sebagian kecil dari hatimu akan mati.

Duh, ternyata cukup mengerikan, ya, efek samping dari hubungan toxic itu. Semoga kamu nggak berada di dalamnya, ya. Jika iya, mungkin kini saatnya kamu melepaskan diri. (*)

  • Bagikan