Mengenal Jenis-jenis Gunting dan Fungsinya

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Apakah Anda menyadari, jika ternyata ada berbagai jenis-jenis gunting yang beredar di masyarakat? Namun, ternyata banyak juga yang menggunakan satu jenis gunting untuk berbagai kegiatan. Misalnya, satu gunting umumnya digunakan untuk memotong benang, kertas hingga tanaman.

Padahal, berbagai jenis gunting ini dibuat dengan fungi yang berbeda. Itulah mengapa, jika gunting-gunting akan lebih cepat rusak ketika digunakan tidak sebagaimana mestinya. Gunting untuk kain, tentu akan cepat berkarat ketika Anda gunakan memotong tanaman.

Agar tidak terjadi kesalahan penggunaan, mari kita simak bersama berbagai jenis dan fungsi gunting yang ada di pasaran.

Mengenal Jenis-jenis Gunting dan Fungsinya

Setiap gunting dibuat untuk fungsi yang berbeda, hal ini juga bisa Anda lihat dari tampilan masing-masing gunting. Gunting yang biasa digunakan tukang jahit tentu tidak sama dengan gunting yang digunakan oleh koki. Benar? Inilah perbedaan gunting-gunting tersebut.

1.     Gunting Dapur

Gunting dapur biasanya digunakan untuk memotong bahan makanan seperti daging, sayuran, atau bahan makanan lainnya. Gunting dapur biasanya memiliki pisau yang tajam dan ujung yang lancip. Selain itu, gunting dapur juga memiliki gagang yang nyaman untuk digenggam.

2.     Gunting Kain

Gunting kain biasanya digunakan untuk memotong kain atau bahan tekstil lainnya. gunting kain juga memiliki bentuk yang khusus, sehingga memudahkan dalam memotong kain dengan presisi.

3.     Gunting Kebun

Gunting rumput merupakan jenis gunting yang biasa digunakan untuk memotong rumput atau tanaman yang tingginya sulit dijangkau. Gunting ini biasanya memiliki lengan yang panjang dan pisau yang tajam.

4.     Gunting Kuku

Gunting kuku merupakan jenis gunting yang digunakan untuk memotong kuku pada jari tangan atau kaki. Gunting kuku biasanya memiliki ukuran yang kecil, sehingga memudahkan dalam memotong kuku dengan presisi.

5.     Gunting Anatomi

Gunting satu ini sering digunakan dalam dunia medis. Tidak heran jika terkadang lebih familiar Anda dengar dengan sebutan gunting medis. Beberapa macam gunting medis seperti gunting bedah, gunting jahit dan lain sebagainya.

  • Bagikan