7 Cara Jitu Buat Berhenti Jadi People Pleaser Biar Tidak Makan Hati

  • Bagikan

KEKER.FAJAR.CO.ID – Halo sobat KeKeR tahu ngga sih enghentikan kebiasaan menjadi “nggak enakan” atau people pleaser adalah langkah penting untuk mencapai kebahagiaan pribadi yang lebih autentik lho.

Ketika seseorang selalu berusaha menyenangkan orang lain, tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pribadi, ini dapat menyebabkan kelelahan emosional dan kehilangan identitas diri.

Dengan tidak langsung, mengembangkan kecenderungan sebagai people pleaser bisa menunjukkan bahwa kamu mungkin merasa kurang bernilai atau merendahkan diri, seolah-olah orang lain memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kamu.

Meskipun niatnya mungkin baik, seperti menempatkan kepentingan orang lain di depan atau menjaga perasaan mereka, tetapi perilaku ini bisa mencerminkan ketidakpercayaan pada diri sendiri.

Namun, perlu diingat bahwa mempertahankan kebiasaan sebagai people pleaser tidak menyehatkan secara mental. Penting untuk tidak terus menerus mengadopsi peran ini, karena mungkin saja di masa depan, orang di sekitar kamu justru menjadi terbiasa merendahkan diri kamu.

Dikutip dari Halo sehat.com berikut adalah beberapa langkah untuk menghentikan kebiasaan menjadi people pleasure, sehingga kamu tidak terus makan hati.

1. Hargai Diri Sendiri

Setiap individu memiliki martabat dan nilai yang setara, oleh karena itu, penting untuk mulai menghargai diri sendiri dan tidak merendahkan diri di hadapan orang lain. Dengan menghentikan kebiasaan sebagai people pleasure dan memulai perjalanan mencintai diri sendiri, kamu bisa mengambil posisi yang lebih teguh dan membuat keputusan berdasarkan kebaikan pribadi, bukan hanya untuk menyenangkan orang lain.

2. Jaga Keseimbangan dalam Hubungan Sosial

Mengadopsi peran people pleasure dapat dianggap sebagai menguasai ruang tersebut sendirian. Dalam hal ini, ketika kamu terus berupaya menyenangkan orang lain secara berlebihan, kontribusi orang lain terlihat minim. Upaya tersebut tidak seimbang dan tidak setara.

  • Bagikan